Wednesday, February 11, 2015

Peneliti Harvard Gunakan Bakteri untuk Ubah Tenaga Matahari Jadi BBM

Peneliti Harvard Gunakan Bakteri untuk Ubah Tenaga Matahari Jadi BBMWashington - Ada kabar menarik dari Harvard. Peneliti universitas terkemuka di AS ini meyakini mereka bisa mengubah tenaga matahari menjadi bahan bakar minyak dengan menggunakan bakteri.

Peneliti selama ini sudah menemukan cara untuk ‘memanen’ energi matahari, dengan menggunakan listrik dari sel fotovoltaik untuk menghasilkan hidrogen. Hidrogen ini lah yang akan digunakan pada mobil dengan sel bahan bakar.

Namun penggunaan hidrogen ini dianggap tidak praktis. Dunia masih membutuhkan bahan bakar cair.

Karena itulah tim peneliti Harvard mengambil cara yang berbeda untuk memanen tenaga matahari. Mereka menggunakan bakteri untuk mengonversi tenaga matahari menjadi bahan bakar cair.

Cara kerjanya dengan menggunakan ‘daun buatan’ yang memiliki katalis. Katalis ini memungkinkan sinar matahari memecah air menjadi hidrogen dan oksigen. Bakteri kemudian ditambahkan untuk mengubah karbon dioksida dan hidrogen menjadi sebuah bahan bakar cair isopropanol.

“Ini lah bukti kalau Anda bisa memanen tenaga matahari dan kemudian menyimpannya dalam bentuk cairan bahan bakar,” ujar salah seorang peneliti Harvard Pamela Silver di Science Daily.

Silver dan tim peneliti lainnya berusaha untuk membuat sistem konversi tenaga ini menjadi tidak rumit. “Malahan kami mencoba agar lebih sederhana dan gampang digunakan,” ujarnya.

Autoevolution menulis, proses ini memang masih lama sampai kita bisa mencari alternatif BBM. Tetapi bisa dibilang proses ini menjanjikan. Semoga berhasil!


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment