Wednesday, February 11, 2015

Wah, Mobil Nissan Catnya Bisa Glow in The Dark

Wah, Mobil Nissan Catnya Bisa Glow in The DarkJakarta - Nissan membuat terobosan baru dalam cat mobil. Mobil-mobil Nissan bisa berpendar di malam hari atau glow in the dark. Nissan pun tercatat sebagai produsen mobil pertama yang menerapkan cat berpendar di kendaraannya.

Cat itu digunakan pada mobil listrik Nissan LEAF. Untuk membuat cat khusus ini Nissan sampai harus meminta bantuan seorang penemu Hamish Scott yang menciptakan STARPATH. Sebuah cat pelapis (coating) yang menyerap sinar ultraviolet di siang hari dan kemudian memendarkannya di malam hari selama 8-10 jam. Cukup lama kan?

Selama ini memang, cat yang berpendar sudah sering dijual di pasaran, namun cat glow in the dark punya Nissan lebih unik karena menggunakan formula rahasia yang seluruhnya terbuat dari senyawa organik.

Di dalamnya ada senyawa Strontium Aluminat yang memang bisa berpendar. Bubuk kimia tak berbau dan tak berwarna ini memiliki karakteristik bisa berpendar lebih lama.

Sebelumnya, Nissan sudah mengenalkan cat mobil yang membuat mobil tidak perlu dicuci jika kotor. Dengan ajaib mobil akan kembali bersih ketika terciprat oleh air kotor di jalanan.

Nissan berharap dengan adanya cat ini, bisa membuat LEAF makin digemari di seluruh dunia. Saat ini LEAF masih menjadi mobil listrik terlaris di dunia.

LEAF disukai karena biaya operasionalnya yang rendah, untuk mengendarai LEAF, hanya membutuhkan uang 1 penny per mil-nya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment