Wednesday, February 11, 2015

Polisi Tak Ingin Korban Jiwa Akibat Kecelakaan Tahun Ini Melebihi 28.000 Orang

Polisi Tak Ingin Korban Jiwa Akibat Kecelakaan Tahun Ini Melebihi 28.000 OrangJakarta - Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) bertekat untuk bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Soalnya, kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab tertinggi dalam angka kematian.

Menurut Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono, pihaknya menargetkan untuk menurunkan fatalitas kecelakaan yang menyebabkan cacat dan meninggal dunia di tahun 2015. Sebab di tahun 2014, korban jiwa akibat kecelakaan mencapai 28.648 jiwa.

"Target pastinya serendah mungkin, mungkin tahun 2015 ini kita ingin tidak lebih dari 26.000," ujar Condro di acara di acara konferensi pers Ford Driving Skills for Life, di Markas Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Namun, yang menjadi tantangan adalah semakin menjamurnya kendaraan yang tidak dibarengi pertumbuhan jalan. Setiap tahunnya, kata Condro, pertumbuhan kendaraan yang ada di jalanan naik 11 persen. Namun, pertumbuhan jalan hanya 1 persen.

"Tapi kan kendaraan meningkat. Kendaraan naik 11 persen tiap tahun rata-rata, jalan 1 persen pertumbuhannya. Jadi probabilitas orang mengalami kecelakaan juga kan tinggi," tuturnya.

"Angka fatalitas itu adalah jumlah jalan dibagi jumlah kendaraan kali 10 ribu kecelakaan. Jadi kalau semakin kendaraan bertambah itu kan pasti berpengaruh," bebernya.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment