Thursday, May 21, 2015

Fantastis! Jumlah Mobil yang Ditarik Gara-gara Airbag Capai 34 Juta Unit

Fantastis! Jumlah Mobil yang Ditarik Gara-gara Airbag Capai 34 Juta UnitWashington - Jumlah mobil yang ditarik di Amerika Serikat karena menggunakan airbag Takata buatan Takata Corporation telah mencapai dua kali lipat atau 34 juta unit. Jumlah itu sekaligus sebagai jumlah penarikan otomotif terbesar dalam sejarah Amerika.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (21/5/2015), pernyataan Departemen Transportasi dan Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat menyebut, mobil yang ditarik itu ditengarai menggunakan airbag Takata yang bermasalah baik airbag untuk pengemudi atau penumpang. Mobil-mobil itu merupakan buatan dari 11 pabrikan dari berbagai negara.

Sebelumnya, jumlah mobil yang ditarik karena masalah itu di Negeri Paman Sam mencapai 16,6 juta unit. Namun, setelah dianalisa kembali dan disimpulkan ada kemungkinan model lain yang dilengkapi airbag Takata juga memiliki risiko serupa, maka dilakukan perluasan penarikan.

Walhasil, jumlah mobil yang ditarik pun bertambah menjadi 34 juta unit. Sehingga total jumlah mobil yang ditarik secara global sejak 2008 mencapai 53 juta unit.

Pihak berwenang di Amerika Serikat menyebut, airbag Takata yang bermasalah â€Â" yakni mengembang secara berlebihan yang kemudian meledak dan serpihannya mengenai tubuh pengemudi dan penumpang mobil â€Â" telah menyebabkan korban enam orang tewas. Akibat peristiwa itulah, lembaga itu meminta mobil yang menggunakan kantung udara itu ditarik.

"Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan dengan NHTSA, yang merupakan jalan yang jelas untuk menuju ke masa depan,” tutur Chief Executive Takata, Shigehisa Takada.

Namun, perusahaan tak menyebutkan apakah penarikan juga diperluas ke wilayah di luar Amerika Serikat.


0 comments:

Post a Comment