Thursday, May 21, 2015

Goodyear Bikin Ban Performa Tinggi Berbahan Sekam Padi

Goodyear Bikin Ban Performa Tinggi Berbahan Sekam PadiOhio - Pabrikan ban asal Ohio, Amerika Serikat, Goodyear, berusaha meningkatkan tingkat keramahannya terhadap lingkungan. Sejak beberapa waktu lalu, pabrikan ini beralih ke sekam padi untuk mendapatkan abu silika sebagai salah satu bahan pembuatan produknya, bahkan ban berbahan sekam itu telah diuji.

Seperti dilaporkan laman Evo UK, Jumat (22/5/2015), pabrikan itu mengatakan abu sekam merupakan penghasil silicon dioksida atau silika. Bahan ini, sebutnya, mengurangi rolling resistance roda hingga 20 persen. Tak hanya itu, zat tersebut juga diklaim juga meningkatkan integritas ban.

Saat ini penggunaan silika dalam pembuatan ban telah mencapai 15 persen. Namun, ke depannya, penggunaan bahan ini akan semakin ditingkatkan, seiring dengan penyempurnaan terhadap hasil uji yang dilakukan saat ini.

Surendra Chawla, Direktur Peneliotian Goodyear mengatakan, pihaknya menggunakan bahan silika untuk ban-ban yang berperforma tinggi. Dia menyebut ban dengan bahan silika itu selain memiliki kinerja yang bagus juga membantu kendaraan menhemat konsumsi bahan bakar.

Soalnya, bahan itu membantu mengurangi resistensi perputaran roda, sekaligus meningkatkan daya cengkram pada lintasan yang dilalui. Terutama pada permukaan jlintasan yang basah.

Selain itiu, penggunaan bahan dari sekam padi lebih murah. Sebab, limbah ini mudah diperoleh. Data menunjukan, sekitar700 juta ton padi dipanen di seluruh dunia. Bahkan saking banyaknya, limbah itu banyak yang dibakar untuk membuat bahan energi lain yakni arang sekam, atau dibuang begitu saja.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment