Thursday, May 21, 2015

Yamaha Sudah Antisipasi Pemberlakuan SIM Khusus Moge

Yamaha Sudah Antisipasi Pemberlakuan SIM Khusus MogeJakarta - Polisi mewacanakan pemberlakuan SIM khusus bagi pengguna motor gede. Yamaha sebagai produsen beberapa jenis moge sudah melakukan antisipasi.

Contohnya, untuk pembeli motor gede Yamaha MT-09 dan lainnya, atau motor yang diimpor secara utuh, akan diberi pelatihan secara khusus selama 10 jam. Pengenalan fitur serta penggunaannya maupun pelatihan cara berkendara yang aman itu diberikan secara gratis.

“Selain sebagai bentuk layanan kami kepada pelanggan yang ingin mengendarai motor-motor CBU dengan benar dan aman, ini juga bisa menjadi persiapan jika nanti diberlakukan SIM khusus untuk big bike,” kata General Manager Marketing Yamaha Indonesia, Hendri Wijaya saat ditemui di Serpong, Tangerang.

Yamaha mendukung pemberlakuan SIM khusus untuk pengendara motor gede. Alasannya, karena motor jenis itu memiliki kapasitas mesin yang besar dan karakter khusus, sehingga pengendara juga wajib memiliki keterampilan khusus yang disertai SIM khusus pula.

Adapun pelatihan yang diberikan Yamaha dengan menggandeng El Rhino Academy, yakni sebuah lembaga pelatihan berkendara motor khusus yang berada di Serpong, Tangerang. Lembaga ini didirikan oleh Arnaud Dechamps, seorang doktor neurologi asal Prancis yang juga ahli pengendaraan motor khusus.

Sebelumnya Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono mengatakan, perbedaan SIM berdasarkan kapasitas mesin diperlukan. Sebab, pihaknya melihat kesulitan serta performa mesin yang berbeda tiap kapasitas mesin motor.

"Kita sedang mengarahkan hal ini, mungkin akan ada perbedaan untuk kelas motor sendiri," kata Condro saat ditemui usai peresmian Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, Jumat (8/5/2015).


0 comments:

Post a Comment