Thursday, May 21, 2015

Mobil Tanpa Sopir Diperkirakan Bakal Gerus 40 Persen Penjualan Mobil

Mobil Tanpa Sopir Diperkirakan Bakal Gerus 40 Persen Penjualan MobilLondon, - Jika mobil otonom alias mobil tanpa sopir sudah resmi dijual, diperkirakan bakal menggerus penjualan mobil hingga 40 persen. Alasannya, para keluarga pengguna mobil hanya akan membeli satu mobil untuk digunakan secara bergantian.

Seperti dilaporkan The Detroit News, Kamis (21/5/2015), perkiraaan itu diungkapkan seorang analis dari Barclays Plc, sebuah perusahaan jasa keuangan multinasional di Inggris Brian Johnson, atas dasar hasil penelitian. Menurutnya, dengan teknologi otonom alias tanpa sopir sebuah keluarga akan memilih bergantian menggunakan sebuah mobil, karena mereka tak perlu bersusah payah menyetir.

Akibat pemikiran seperti itu, maka tingkat kepemilikan mobil juga kan turun hingga setengahnya. “(Sehingga) untuk bertahan hidup, pabrikan mobil juga perlu memangkas produksinya secara dramatis,” tutur Johnson.

Sementara itu Boston Consulting Group penjualan mobil otonom itu bakal terus tumbuh hingga nilainya mencapai US$ 42 miliar atau sekitar Rp 546 triliun pada 2025 mendatang. Bahkan pada 2035 penjualan mobil tanpa sopir itu diperkirakan mencapai 25 persen dari total penjualan mobil secara global.

“Preseden telah terjadi sebelumnya,” kata Johnson. “Ketika mobil belum ada, kuda telah memainkan peran penting seperti halnya mobil. Namun, saat kendaraan roda empat itu hadir, maka populasi kuda menurun tajam,” ujarnya.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment