Monday, May 4, 2015

Kampus Ini Wajibkan Mahasiswa Bisa Naik Motor

Kampus Ini Wajibkan Mahasiswa Bisa Naik MotorChongqing - Southwest University of Political Science & Law in Chongqing memberikan pelatihan bagi para mahasiswanya â€Â" baik laki-laki maupun perempuan â€Â" untuk mengendarai sepeda motor. Bahkan, bagi para mahasiswa jurusan investigasi kriminal, menunggangi sepeda motor itu menjadi salah satu mata kuliah wajib.

Seperti dilaporkan Sina News dan Shanghaiist, Selasa (5/5/2015), instruktur pelatihan Yuan Yue mengatakan, sejak 2007 pelatihan itu bukanlah pelajaran wajib bagi para mahasiswa. Namun, karena sepinya minat mereka maka pelatihan itu diwajibkan, sehingga kini menjadi pelajaran yang populer di kalangan mahasiswa.

Tak pelak, meski jumlah peserta hanya dibatasi 120 â€Â" 150 orang, mahasiswa yang berminat jumlahnya berlipat. Lebih dari 600 orang menyatakan ingin bergabung dan mendaftar.

Namun, kepada mereka Yuen Yue mengatakan pelatihan yang diberikan hanyalah dasar-dasar mengendarai. Pada ujian akhir di pelatihan tersebut, mahasiswa itu diwajibkan mampu mengendarai motor dengan aman, minimal untuk mereka sendiri.

Meski begitu, mereka juga harus lulus ujian yang digelar oleh pemerintah untuk mendapatkan surat izin mengemudi. Oleh karena itu mereka harus terus mengasah keterampilan berkendara yang benar dan aman.

Kepada para murid-muridnya Yuan selalu berujar, “Jika pengendara panik, maka motor akan berguncang. Jika motor bergoyang, pengendara akan panik. Tidak ada kepanikan, maka tidak akan ada motor bergoyang,”. Cukup sederhana memang.

Hanya saja mengapa dalam pelatihan itu para peserta tidak memakai helm? Seperti terlihat di foto atas ya? Aduh…


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment