Monday, May 4, 2015

Faktor-faktor Ini Diyakini Menjadikan Pasar Mobil Bergairah Lagi

Faktor-faktor Ini Diyakini Menjadikan Pasar Mobil Bergairah LagiJakarta - Pasar kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia hingga akhir kuartal pertama lalu masih belum bergairah. Namun sejumlah agen pemegang merek meyakini pasar akan kembali pulih pada semester dua. Apa alasannya?

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo setidaknya ada beberapa alasan yang membuat pasar mobil bakal naik lagi pada paruh kedua tahun ini.

"Pertama pada Mei dan Juni pasar akan kembali naik karena dipicu oleh musim Lebaran. Pada saat itu permintaan mobil bakal naik dan itu bisa berlanjut pada semester kedua," tuturnya saat dihubungi di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Permintaan pada semester kedua yang naik itu, kata Samulo, dipicu oleh bergairahnya perekonomian. Soalnya, anggaran pemerintah maupun sektor swasta sudah cair dan dibelanjakan.

"Sehingga kegiatan ekonomi rill juga bergerak, sehingga bertumbuh. Pada saat itu, permintaan (mobil) juga meningkat," ucapnya.

Sebelumnya, General Manager Marketing Strategy & Product Planning PT Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin, mengungkapkan keyakinan yang sama. Menurutnya, selain faktor anggaran yang telah turun dan telah dimanfaatkan, masyarakat juga sudah melakukan penyesuaian.

"Jika sebelumnya mereka masih menunggu kondisi perekonomian, exchange rate, pada saat itu (semester dua) sudah memahaminya. Sehingga, telah melakukan adjustment, rencana pembelian pun direalisasikan,” ujarnya.

Seperti diketahui penjualan mobil sepanjang kuartal pertama lalu menyusut. Penjualan wholesales sebanyak 282.233 unit atau lebih sedikit 46.267 unit dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 328.500 unit.

Sedangkan penjualan secara ritel pada kurun waktu itu sebanyak 257.114 unit atau turun 15 persen dibanding kuartal pertama 2014 yang sebanyak 303.776 unit. Gaikindo pun dikabarkan menurunkan target penjualan mobil dari tadinya 1,2 juta unit menjadi maksimal 1,1 juta.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment