Monday, May 4, 2015

Nih, Mobil Super Listrik Bertenaga Dahsyat

Nih, Mobil Super Listrik Bertenaga DahsyatHelsinki - Pabrikan mobil asal Finlandia, Toroidon, April kemarin memperkenalkan konsep mobil super bertenaga listrik 1MW di gelaran Top Marques Show 2015. Menariknya, tenaga yang dihasilkan motor listrik mobil itu mencapai 1.341 tenaga kuda.

Seperti dilansir BBC, Senin (4/5/2015), meski masih dalam bentuk konsep, namun bisa diketahui kedahsyatan tenaga yang disemburkan motor listriknya.

Mobil ini mengusung empat motor listrik, yakni sebuah motor listrik 200 watt di masing-masing roda depan, dan sebuah motor listrik masing-masing di roda belakang. Masing-masing roda depan mendapatkan semburan tenaga hingga 268 hp. Sedangkan roda belakang masing-masing dijatah 402 hp. Sumber tenaga Troidon ini memang model baru.

Desainnya juga cukup bergaya. Maklum, sang pendiri, Pasi Pennanen, pernah berkerja di pabrikan mobil Jaguar dan Honda. Sejak 2004 dia mendirikan sebuah studio rancang bangun mobil Eponymous.

Sementara, laman Carbuzz melaporkan, supercar bergaya retro-klasik digadang-gadang bisa bersaing dengan Koenigsegg One:1 asal Swedia. Tenaganya yang mencapai 1.341 tenaga kuda setara dengan 1.000 kW atau 1 Megawatt. Tenaga itu seluruhnya dihasilkan oleh empat motor listrik yang dusungnya.

Pabrikan itu mengklaim, baterai motor listrik mobil itu berbobot ringan. Tak hanya itu. Cara pengecesannya pun cukup mudah, karena bisa di garasi rumah.

Pabrikan juga menegaskan, meski bertenaga dahsyat, namun mobil super buatannya itu bisa digeber di jalanan umum. Hanya, dia belum bersedia membeberkan spesifikasi teknis serta fitur yang bakal diusung mobil tersebut.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment