Tuesday, June 16, 2015

Gara-gara Airbag Takata, Toyota Kembali Tarik 1,37 Juta Mobil

Gara-gara Airbag Takata, Toyota Kembali Tarik 1,37 Juta MobilWashington - Setelah sebelumnya melakukan penarikan mobilnya yang menggunakan airbag Takata dan bermasalah, Toyota Motor Corporation kembali melakukan penarikan di Amerika Serikat. Kali ini, mobil yang ditarik mencapai 1,37 juta unit.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (17/6/2015) mobil yang ditarik tersebut menambah jumlah penarikan mobil Toyota di Negeri Paman Sam, sehingga jumlahnya mencapai 2,9 juta unit. Sementara jurubicara Toyota menyebut, ada 24 insiden airbag Takata di mobil Toyota yang mengembang berbelebihan dan meledak sehingga serpihan komponen di dalamnya menyebar.

Toyota, kata jurubicara tersebut, telah menerima laporan yang menyebut telah ada delapan korban luka akibat insiden tersebut. Namun, pejabat Toyota mengaku belum mengetahui ada korban luka akibat kantung udara tersebut.

Para pejabat keamanan lalu-lintas Amerika Serikat dan pejabat Takata Corporation selaku produsen airbag beberapa waktu lalu menyatakan, paparan kelembaban yang disebabkan oleh zat propelan telah memicu ledakan airbag. Sedikitnya tujuh orang tewas akibat airbag yang meledak itu.

Ketujuh orang yang tewas itu adalah pengguna mobil Honda buatan Honda Motor Company. Dari jumlah tersebut enam diantaranya berada di Amerika Serikat.


Bahkan pada Senin (15/6/2015) kemarin, Honda kembali mengumumukan menarik 1,39 juta mobil Honda Accord dan Honda Civic di Amerika Serikat terkiat airbag Takata.

Seperti yang diumumkan pejabat keamanan lalu-lintas negara itu pada bulan lalu, jumlah kendaraan yang ditarik terkait airbag Takata di Amerika Serikat mencapai 34 juta. Sedangkan secara global, mobil yang ditarik mencapai 53 juta unit.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment