Tuesday, June 16, 2015

Penjualan Pada Lebaran, Jadi Faktor Penentu Kinerja Industri Motor

Penjualan Pada Lebaran, Jadi Faktor Penentu Kinerja Industri MotorJakarta - Penjualan sepeda motor menjelang dan selama Raya Idul Fitri itu menjadi penentu kinerja penjualan kendaraan roda dua itu di Tanah Air. Jika penjualan meningkat cukup tajam dibanding bulan sebelumnya, maka distribusi akan digenjot pada Agustus, sehingga target penjualan 6,7 juta unit bisa tercapai.

“Tetapi kondisi bisa sebaliknya, jika penjualan saat lebaran itu ternyata tak seperti yang diharapkan. Karena itu, penjualan di lebaran kali ini jadi penentu,” tutur Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala, saat dihubungi, Selasa (16/6/2015).

Menurut Sigit, selama empat bulan pertama yakni dari Januari hingga April, penjualan motor masih melempem. Sehingga, pabrikan yang tergabung di AISI bersepakat untuk mengurangi distribusi.

“Jika penjualan menjelang lerbaran itu berhasil seperti yang diharapkan, maka kami akan menggenjot lagi distribusi pada Agustus nanti. Sebenarnya sih semakin cepat semakin bagus, atau Juli. Tapi Juli kan banyak libur,” paparnya.

Sementara, data AISI menunjukan, penjualan sepanjang Januari-Mei lalu sebanyak 2.599.448 unit. Jumlah itu turun sekitar 24,6 persen dibanding penjualan periode sama tahun lalu, yang sebanyak 3.451.377 unit.

Sigit mengaku optimistis, penjualan menjelang lebaran kali ini bakal naik dibanding bulan-bulan sebelumnya. Indikasi itu ditunjukan penjualan ritel di dua pekan pertama Juni ini yang menunjukan tren kenaikan.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment