Monday, June 29, 2015

Mau Mudik Aman dan Nyaman? Ini Tips dari Rifat Sungkar

Mau Mudik Aman dan Nyaman? Ini Tips dari Rifat SungkarJakarta - Musim mudik menjelang hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Tak jarang pemudik yang memanfaatkan kendaraan roda empatnya sendiri.

Tapi, mengemudi mobil untuk mudik dengan tujuan yang jauh butuh perhatian khusus agar badan tidak cepat lelah. Pebalap nasional yang juga duta safety driving, Rifat Sungkar memberikan sedikit tips untuk para pemudik yang memanfaatkan mobil mereka.

Pertama, keadaan emosi pengemudi harus dalam kondisi senang. Dengan begitu, pengemudi pun akan menjadi lebih berhati-hati. Berbeda jika emosi sedang tidak terkendali yang membuat pengemudi membawa mobil dengan agresif.

"Kalau lu happy, lu kuat. Kalau enggak happy, lu enggak akan kuat. Simple," kata Rifat.

Agar tetap dalam keadaan ceria, cari hiburan di dalam mobil seperti musik yang bisa dinyanyikan. Selain itu, letakkan barang yang sering dibutuhkan mudah dijangkau. Sebab, hal itu bisa menyulut emosi.

"Biar happy, entertaiment bagus, water level terjaga, bau di dalam mobil oke, posisi duduk enak, enggak salah pakai sepatu, jangan pakai sepatu yang haknya tebal, terus posisi barang yang kita butuhin deket. Karena hal-hal yang kecil itu bisa bikin stimulus kita jadi emosi. Terakhir sediain musik yang bisa bikin lu nyanyi. Walaupun suara lu enggak enak, yang penting lu bisa nanyi," jelas Rifat.

Selain itu, agar badan tetap fit selama mudik menggunakan mobil, atur waktu istirahat yang cukup. Rifat menyarankan, setiap dua sampai tiga jam sekali pengemudi harus istirahat.


0 comments:

Post a Comment