Monday, June 29, 2015

Pengendara Motor Lebih Paham Aturan Lalu Lintas Ketimbang Mobil

Pengendara Motor Lebih Paham Aturan Lalu Lintas Ketimbang MobilManchester - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan asuransi di Manchester, Inggris, Carole Nash, menunjukkan, ternyata para pengendara sepeda motor lebih memahami aturan lalu lintas ketimbang pengemudi kendaraan roda empat.

Penelitian itu disarkan pada tes teori dan praktik yang diberikan kepada dua kelompok pengguna kendaraan bermotor tersebut.

Seperti dilaporkan Visordown, hasil penelitian itu menyebut 16 persen pengemudi mobil gagal dalam tes mengemudi. Adapun untuk tes praktik yang sama, pengendara sepeda motor yang gagal hanya 6 persen.

Tes ini diikuti oleh 1.358 pengendara motor dan 1.405 perngemudi mobil. Saat diminta untuk mengenali delapan rambu lalu lintas yang umum, 85 persen pengendara sepeda motor mampu mengenalinya secara tepat.

Sedangkan pengemudi mobil yang mampu mengenali secara akurat sebanyak 67 persen. Kesadaran akan potensi bahaya para pengemudi mobil juga terbukti lebih kecil dibanding pengguna sepeda motor.

Hasil penelitian menunjukkan, saat disajikan tanda-tanda lalu lintas simbol bahaya dalam tes pilihan ganda, hanya 34 persen pengemudi mobil yang mengenalinya dengan baik.

Sebaliknya, sebanyak 89 persen pengenmdara motor yang memahaminya. Tak hanya itu, dari 10 pengemudi mobil hanya empat pengemudi yang memahami perlunya ruang ekstra menyalip kendaraan lain.


0 comments:

Post a Comment