Monday, June 29, 2015

Melongok Jam-jam Terakhir Pabrik GM di Pondok Ungu, Bekasi

Melongok Jam-jam Terakhir Pabrik GM di Pondok Ungu, BekasiJakarta - Banyak yang tak menyangka jika pabrik General Motors (GM) Indonesia yang berada di Pondok Ungu, Bekasi akan kembali ditutup. Dalam hitungan jam, pabrik yang digunakan untuk memproduksi Multi Purpose Vehicle (MPV) Chevrolet Spin ini akan berhenti operasi.

Selasa 30 Juni 2015 besok menandai berakhirnya produksi Chevrolet Spin di Indonesia, setelah sekitar 2 tahun lebih pabrik memproduksi Spin.

Ketika detikOto berada di lokasi pada hari ini Senin (29/6/2015), di sekitaran pabrik terlihat tidak banyak orang yang berlalu lalang, di warung-warung dekat pabrik yang biasanya banyak para pegawai pabrik pun tak terlihat begitu banyak.

"Tinggal orang-orang yang membongkar alat-alat produksi saja yang bekerja," celetuk salah seorang pegawai yang tengah beristirahat di salah satu warung dekat pintu masuk utama, saat ditemui detikOto.

Menurut pegawai itu, para buruh atau karyawan pabrik sudah tidak lagi bekerja sejak Jumat (26/6/2015), saat itulah produksi Chevrolet Spin dihentikan.

Ketika melongok lebih dekat lagi, aktivitas di dalam pabrik setelah pintu gerbang utama masih terlibat banyak mobil yang parkir. Para satpam pun masih aktif bekerja memantau keamanan sekeliling pabrik.

Sesekali ada juga mobil Chevrolet Orlando yang masuk dan keluar pabrik itu.

Meski tinggal detik-detik terakhir, tapi para pekerja yang tengah membongkar alat-alat produksi Spin masih menebarkan senyuman kepada teman-temannya. Mereka juga tidak mengetahui bagaimana nasib teman-teman yang ada di pabrik setelah pabrik ini ditutup.

"Kita disini membongkar alat-alat sampai September. Alat-alatnya mau dipindahkan ke India katanya," ungkap pegawai yang enggan menyebutkan identitasnya itu.

GM Indonesia nantinya akan tetap menjual Spin tapi diambil dari negara lain. GM juga tetap akan menjual produk-produknya yang diimpor dari luar negeri. GM Indonesia akan tetap berada di Indonesia meski hanya menjadi distributor mobil saja. Akankah pabrik GM kembali bernafas?

0 comments:

Post a Comment