Thursday, July 9, 2015

Begini Ketatnya Syarat Mengendarai Motor di Inggris

Begini Ketatnya Syarat Mengendarai Motor di InggrisLondon - Peraturan mengendarai sepeda motor di negara-negara maju, khususnya Inggris benar-benar diberlakukan dengan tegas dan hukuman berat akan diberikan kepada para pelanggarnya.

Bahkan pemberian Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pengendara motor pun dilakukan secara ketat berdasar usia dan jenis motor yang boleh dikendarai.

Seperti dilansir Telegraph, sejak 19 Januari 2011 lalu pemerintah Inggris menetapkan batas usia minimum seseorang yang boleh mendapatkan SIM adalah 16 tahun. “Namun, orang berusia 16 tahun ini hanya mendapatkan SIM kategori AM yaitu untuk mengemudikan motor bebek di bawah 125 cc,” tulis media itu.

Sementara bagi mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih boleh mendapatkan SIM A1. Jika telah mengantongi SIM tersebut, maka mereka boleh mengendarai motor bermesin 125 cc lebih namun tanpa pelat

Sedangkan jika ingin mengendarai motor yang bertenaga 47 bhp atau lebih, seseorang harus mendapatkan SIM A2. Namun persyaratan dan ujian mendapatkan SIM ini juga sangat ketat. Sebelumnya mereka juga wajib tes keterampilan mengendarai motor bertenaga 27 bhp.

Mereka yang boleh mengikuti ujian SIM itu adalah yang telah berusia 19 tahun atau lebih. Persyaratan tersebut diberlakukan bukan hanya untuk mengetahui keterampilan seseorang mengendarai motor kelas tertentu, tetapi juga kestabilan emosional seseorang.

Kategori yang paling tinggi adalah SIM A. Seseorang yang hendak mengikuti ujian mendapatkannya, harus telah berusia 24 tahun atau lebih. Mereka yang mengantongi SIM tersebut boleh mengendarai motor bermesin di atas 300 cc.


0 comments:

Post a Comment