Thursday, July 9, 2015

Di Jepang, Airbag Takata di Mobil Nissan Meledak dan Terbakar

Di Jepang, Airbag Takata di Mobil Nissan Meledak dan TerbakarTokyo - Setelah Honda, kejadian airbag Takata yang bermasalah dialami juga oleh Nissan. Belum lama ini ada kecelakaan kecil di Jepang yang melibatkan mobil Nissan X-Trail hasil produksi Agustus tahun 2001. Setelah kecelakaan, airbag disisi penumpangnya mengamali kebakaran.

Dilansir laman autonews, Jumat (10/7/2015) seorang juru bicara Takata mengatakan sudah mendapatkan laporan dari Nissan dan akan segera menyelidikinya. Airbag Takata yang ada di sisi penumpang depan X-Trail itu diproduksi di pabrik Takata yang berada di Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Nissan mengatakan, mobil yang mengalami kecelakaan itu hanya terisi 1 orang yakni sopir. Saat kecelakaan bagian penumpang depan yang mendapatkan hantaman keras. Jendela sisi penumpang hancur dan airbag meledak serta menyebabkan kebakaran.

Akibatnya, pipi sebelah kiri pengemudi mengalami luka bakar ringan. Meski belum diketahui jelas apakah luka itu akibat airbag yang meledak. Tapi kemungkinan besar akibat airbag Takata.

Bagi Nissan ini adalah kasus pertama mengenai airbag Takata di Jepang. Tapi secara keseluruhan merek ini adalah kasus kelimat, bahkan di Amerika Serikat sudah ada 9 kasus yang sama.

Secara global, akibat airbag Takata yang rusak ini, Nissan terpaksa harus menarik (recall) 4,4 juta mobil di seluruh dunia. Angka itu termasuk 813.000 unit di Jepang dan sudah ditangani sebesar 85 persen.




(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment