Thursday, July 9, 2015

Larangan Anak Mengendarai Motor Jadi Perdebatan Sengit di Thailand

Larangan Anak Mengendarai Motor Jadi Perdebatan Sengit di ThailandBangkok - Usulan pemerintah dan Kantor Perlindungan Konsumen (OCP) Thailand untuk melarang anak-anak mengendarai dan membonceng motor telah mendapat tentangan dari para orangtua dan pengendara motor. Alasan mereka, kendaraan roda dua itu merupakan moda transportasi terbaik di negeri itu terutama bagi mereka yang tak mampu membeli mobil.

Seperti dilaporkan Bangkok Post, keberatan para orangtua dan pengendara motor itu diungkapkan sehari setelah OCP mendesak pemerintah memberlakukan larangan. Itu terjadi sejak pertengahan Maret lalu.

Wakil Sekretaris Jenderal OCP, Weerachai Chomsakorn, mengatakan peserta pertemuan antara OCP, pemerintah, dan pennggiat keselamatan lalu lintas sepakat untuk melarang anak-anak usia kurang dari enam tahun membonceng motor. Mereka juga mengusulkan agar anak-anak berusia kurang dari 15 tahun juga diharamkan menggeber kendaraan tersebut.

Mereka beralasan larangan tersebut merupakan respon dari meningkatnya jumlah kecelakaan sepeda motor dan mengakibatkan anak-anak terluka atau bahkan tewas. Hanya tak sedikit pula suara-suara yang kontra.

Anuwat Maneedit, 40 tahun, adalah salah satunya. Pria yang berprofesi sebagai sopir taksi itu mengatakan, selain sebagai sarana transportasi murah dan alternatif bagi warga yang tak mampu membeli mobil, motor juga fleksibel menembus kemacetan.

Dia mengaku saban hari menjemput istrinya dari tempat kerja dan mengantar anaknya ke sekolah dengan menggunakan motor.

“Yang lebih penting bukan melarang menggunakan motor, tetapi bagaimana mengampanyekan keselamatan berkendara dan penggunaan helm bagi pengendara dan pembonceng motor,” ucapnya.

Pernyataan serupa dilontarkan seorang warga Thon Buri, Tukkae, 43 tahun. Menurutnya tidaklah tepat melarang anak-anak yang membonceng motor. Namun pria ini mengaku mendukung larangan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun mengendarai motor.

Bahkan dia mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap anak-anak pengendara motor. Tak hanya itu, pria ini juga meminta aparat berwenang untuk menindak orangtua yang membiarkan anak di bawah umur menggeber motor di jalanan.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment