Thursday, July 9, 2015

Honda Kembali Tarik 4,5 Juta Mobil Gara-gara Airbag Takata Bermasalah

Honda Kembali Tarik 4,5 Juta Mobil Gara-gara Airbag Takata BermasalahTokyo - Honda Motor Company kembali melakukan penarikan mobil terkait airbag Takata yang bermasalah. Kali ini jumlah mobil yang ditarik mencapai 4,5 juta lebih dan tersebar di berbagai negara.

Pernyataan Honda yang dilansir Reuters, Jumat (10/7/2015), menyebut langkah penarikan ini merupakan jawaban dari kekhawatiran atas potensi risiko terkait inflator airbag yang bermasalah. Dari jumlah mobil yang ditarik itu, 1,63 juta unit berada di Jepang dan lainnya di sejumlah negara lain.

Juru bicara pabrikan ini mengatakan, awalnya Honda berinisiatif untuk mengumpulkan airbag Takata di berbagai model buatannya untuk membuktikan apakah memang benar bermasalah. Setelah dilakukan uji dan analisa, ternyata inflator airbag tersebut berpotensi bermasalah.

Sehari sebelum pengumuman penarikan mobil itu dilakukan, yakni Rabu (8/7/2015), Chief Executive Officer Honda, Takahiro Hachigo kepada wartawan bahwa perusahaannya akan terus menyelidiki masalah airbag Takata, dan bekerja sebagai mitra bisnis dengan pabrikan itu.

Namun, dia menegaskan, pihaknya tidak memiliki rencana untuk membantu keuangan Takata Corporation yang juga harus bertanggung jawab atas masalah airbag tersebut.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment