Thursday, July 9, 2015

Anak-anak di Ambon Sudah Cukup Tertib, Tapi Orangtua Harus Lebih Disadarkan

Anak-anak di Ambon Sudah Cukup Tertib, Tapi Orangtua Harus Lebih DisadarkanJakarta - Saat ini anak-anak di bawah 17 tahun masih banyak yang berani mengendarai sepeda motor meski belum memiliki SIM. Kurangnya kesadaran taat aturan ini seakan bisa ditemui di setiap wilayah di Indonesia.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku La Ode Safihu menilai, Ambon termasuk kota yang cukup tertib mengenai kasus pelanggaran lalu lintas jenis ini. Meski begitu, ia meminta orangtua berperan aktif agar hal ini tidak semakin banyak terjadi.

"Di sana (Ambon) disiplinnya sudah cukup bagus tentang hal seperti itu. Jadi di jalanan tidak terlalu marak," kata La Ode usai menghadiri rapat koordinasi terkait Budi Pekerti di Kantor Kemendikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

"Orangtua harus disadarkan, ini kan terkait kedisiplinan, taat akan suatu aturan. Jadi bagaimana seorang anak terbiasa disiplin sejak kecil," lanjutnya.

Sebagai orang yang bekeja di bidang pendidikan, La Ode menyarankan aturan mengenai kedisiplinan ini bisa disisipkan ke pelajaran di sekolah-sekolah.

"Sebenarnya aturannya kan memang dilarang ya, mereka (anak-anak) itu masih labil. Harus dilakukan pelatihan, melalui pendidikan karakter, atau di sekolah ada pelajaran pendidikan moral pancasila," jelasnya.


(rna/ddn)

0 comments:

Post a Comment