Wednesday, July 8, 2015

Bulan Depan, Malaysia Punya Bus Listrik Pertama

Bulan Depan, Malaysia Punya Bus Listrik PertamaMelaka - Dua buah bus listrik dilaporkan siap berjalan di Malaysia. Bus tersebut akan beroperasi di lokasi yang dilindungi UNESCO di Bandar Hilir pada awal Agustus mendatang.

Seperti dilaporkan Bernama, Rabu (8/7/2015), Ketua Komite Transportasi Negara dan Proyek Rehabilitasi, Datuk Lim Ban Hong mengatakan, layanan bus ini akan beroperasi dengan sistem tiket satu harga. Dia mengatakan, bus itu merupakan bus listrik pertama yang beroperasi di Malaysia.

"Bus ini akan menjadi bus listrik pertama yang digunakan di Malaysia di jalan umum dan kami percaya ini akan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas, polusi udara dan kebisingan," ucapnya.

Layanan bus listrik ini akan beroperasi di bawah anak perusahaan pemerintah negara. Menurut Lim, 40 bus listrik diperkirakan bakal beroperasi penuh di seluruh Malaysia pada awal tahun depan.

"Kami akan menerima lagi 38 bus listrik dari Shanghai Automotive Industry Corporation di Tiongkok mulai awal tahun depan," katanya.

Dia mengatakan, saat baterai terisi penuh, bus ini bisa menempuh perjalanan sejauh 180 km. Pengisian baterai dari keadaan kosong hingga penuh menghabiskan waktu 100 menit.

Bus ini juga bisa menempuh kecepatan maksimal 76 km/jam. Bus listrik ini memiliki 33 kursi penumpang dan satu kursi khusus penyandang cacat serta dilengkapi sembilan kamera CCTV.





(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment