Wednesday, September 30, 2015

Bensin Oktan Tinggi Belum Tentu Meningkatkan Performa

Bensin Oktan Tinggi Belum Tentu Meningkatkan PerformaJakarta - Mesin kendaraan bermotor memerlukan jenis bahan bakar yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri. Dengan mengisi bensin yang sesuai, maka mesin dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal.

Untuk menentukan bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan, maka cara termudahnya adalah melihat informasi adalah melihat informasi rasio kompresi pada brosur kendaraan.

Rasio kompresi adalah perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja.

Mesin berkompresi rendah biasanya cocok menggunakan bahan bakar dengan oktan yang rendah. Sebaliknya, semakin tinggi rasio kompresi suatu kendaraan, maka akan lebih baik menggunakan bensin dengan oktan yang juga lebih tinggi.

Berikut adalah daftar rasio kompresi dan bahan bakar yang sesuai.

Rasio Kompresi Bensin beroktan
7:1 sampai 9:1 88
9:1 sampai 10:1 90
10:1 sampai 11:1 92
11:1 sampai 12:1 95

Pertanyaan berikutnya adalah, apakah suatu kendaraan bisa menggunakan bahan bakar beroktan yang lebih tinggi dari yang direkomendasikannya?

Justru, oktan yang semakin tinggi tidak banyak memberi penambahan tenaga. Karena benefitnya kurang sebanding dengan harganya yang tinggi, jadi yang terjadi kemudian adalah hanya pemborosan.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment