Wednesday, September 2, 2015

Goda Orang Muda, Toyota Suguhkan Mobil Mungil Midget di Tokyo Motor Show

Goda Orang Muda, Toyota Suguhkan Mobil Mungil Midget di Tokyo Motor Show Tokyo - Selain mini coupe yang merupakan adik dari Toyota 8, ternyata Toyota Motor Corporation memiliki andalan lain yang bakal dipajang di Tokyo Motor Show 2015, Oktober mendatang. Sebuah mobil konsep yang mengaopsi gaya desain dari mobil Caterham dan McLaren F1 dan dinamai Midget, diam-diam telah disiapkan pabrikan ini.

Laporan majalah Jepang, Best Car, yang dikutip Motoring, Rabu (2/9/2015) menyebut, Midget dibuat untuk mengenang mobil sport besuatan pabrikan Inggris, MG Midget TC. Mobil klasik itu dibuat pada 1945.

Namun, 12 tahun kemudian atau tepatnya 1957, Daihatsu yang merupakan pabrikan yang juga saudara Toyota juga meluncurkan Midget. Mobil ini menggunakan tiga roda dengan satu kursi.

Mobil yang lebih berkarakter sebagai pikap mini ini, kala itu digunakan sebagai sarana angkutan barang di jalanan yang padat atau jalanan sempit di kota metropolitan Tokyo. Setelah malang melintang selama sembilan tahun, Daihatsu kemudian merilis versi empat roda, meski masih dengan ukuran yang mungil.

Kini, Midget versi baru yang bakal disuguhkan oleh R&D Toyota itu disebut menguzsung teknologi hybrid. Mobil itu dibekali mesin konvensional 1.500 cc yang dipadu dengan motor listrik berkapasitas105 kW.

Hanya, tak disebutkan secara rinci spesifikasi maupun kinerja mobil tersebut. Tetapi, yang pasti, mobil ini tetap berbobot ringan yakni hanya 700 kilogram.

Beberapa sumber di Toyota menyebut, pihaknya sengaja menyodorkan konsep itu untuk menggelitik selera orang juda Jepang. Mobil yang bergaya coupe itu diperkirakan sudah berada di diler pada akhir 2016 dengan harga US$25 ribu atau sekitar Rp325 juta.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment