Monday, October 5, 2015

Ayo Tebak? Motor Tua Lebih Cocok Pakai Pelumas Kental Atau Encer?

Ayo Tebak? Motor Tua Lebih Cocok Pakai Pelumas Kental Atau Encer?Jakarta - Demi menjaga performa mesin kendaraan, sudah pasti pelumas yang tepat menjadi syarat utamanya. Tapi kira-kira, kalau untuk motor yang sudah berumur lebih cocok menggunakan jenis pelumas seperti apa ya?

Rupanya banyak paradigma di masyarakat akan penggunaan oli untuk motor tua, terbilang tidak tepat. Seperti yang disampaikan Technical Service Engineer Motul for Indonesia, Salam Isadat, di Kustomfest 2015.

"Kustom motor yang sudah berumur atau untuk motor yang sudah berumur (tua-Red), mesin ini belum direkondisi seperti sekarang. Kita menyarankan untuk menggunakan pelumas dengan kekentalan 20W50 atau 15W50. Karena teknologi mesin ini belum sebagus sekarang," katanya.

Dirinya juga mengingatkan, jika ada yang mengatakan motor tua tidak bagus jika menggunakan pelumas sintentik. Itu jelas salah.

"Full synthetic itu tetap lebih baik untuk digunakan, baik untuk kendaraan yang sudah berumur atau baru. Tapi di lapangannya suka salah, dengan mengatakan pelumas berbahan dasar mineral lebih bagus. Padahal sintentik itu lebih bagus," katanya.

"Bahkan dengan menggunakan pelumas yang sudah sintentik itu bisa lebih merawat mesin lebih baik," tambahnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment