Monday, October 5, 2015

Peminat Mobil Maserati Kini Juga Digandrungi Pengusaha Muda Mapan

Peminat Mobil Maserati Kini Juga Digandrungi Pengusaha Muda MapanNusa Dua - Seiring dengan perkembangan desain dan fitur teknologi yang digunakan untuk produk-produknya, kini peminat mobil Masarati tak hanya didominasi kalangan usia dewasa atau tua. Tak sedikit konsumen usia muda yang tertarik untuk membeli mobil asal Italia ini.

“Bisa dibilang ada semacam tren baru di kalangan konsumen usia muda. Tidak sedikit mereka yang berusia antara 30-40 tahun membeli mobil ini. Umumnya kalangan entrepreneur mapan di Indonesia,” tutur Chief Executive Officer PT Auto Trisula Indonesia atau Masertai Indonesia, Fransiska Renata, di Nusa Dua, Bali, Selasa (6/9/2015).

Konsumen usia muda tersebut, umumnya menyukai varian Maserati Ghibli dan Maserati Ghibli S. Dua varian itu, kata Fransiska, merupakan model yang memadukan antara desain berkelas, kualitas, handling yang mudah dan menyenangkan.

Keduanya, mengusung mesin V6 berkapasitas 3.000 cc dengan twin turbocharger dan transmisi otomatis ZF delapan tingkat percepatan. “Yang membedakan keduanya adalah tenaga, kalau Ghibli memiliki 330 tenaga kuda dengan kecepatan maksimal 263 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,6 detik,” tuturnya.

Adapun Ghibli S mesinnya mampu menyemburkan tenaga hingga 410 tenaga kuda dengan akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 5,0 detik serta kecepatan puncak 285 km/jam. “Paduan antara performa, kemewahan dan teknologi itulah yang disukai kalangan usia muda,” paparnya.

Dia menyebut, konsumen usia muda di Indonesia yang meminati mobil-mobil jenis supercar atau mobil premium semakin banyak seiring dengan pertumbuhan ekonomi sejak awal dekade 2000-an.

Hanya sayang, kini banyak di antara mereka yang bersikap menunggu karena adanya sejumlah kebijakan dan kondisi makro ekonomi yang mereka nilai kurang bersahabat dengan bisnis mereka.

Kenaikan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), kenaikan Pajak Penghasilan (PPh), kenaikan Tarif Bea Masuk impor mobil mewah, serta nilai tukar rupiah terhadap dolar yang melemah, membuat mereka menunggu apa yang akan terjadi dengan bisnis mereka. Walhasil, minat untuk membeli mobil mewah baru juga mereka tunda.

Menurut Farnsiska, banyak di antara pembeli tersebut yang berasal dari keluarga pecinta Maserati. Umumnya, mereka juga telah memiliki mobil super atau mobil mewah di garasi mereka.

“Tapi, yang menarik adalah, tidak sedikit pula dari mereka yang merupakan orang yang benar-benar baru mau membeli merek Maserati. Artinya, awareness masyarakat terhadap mereka Maserati juga sudah kuat di masyarakat,” ucapnya.

PT Auto Trisula Indonesia sendiri mulai menjadi perwakilan resmi Maserati pada 2014 lalu. Sebelumnya selama 12 tahun distribusi mobil asal Bologna, Italia, itu dipegang oleh perusahaan lain. Kini, tak kurang dari 100-110 unit mobil Maserati ada di Indonesia.

Hanya, Fransiska tak bersedia menyebut berapa kisaran harga Maserati Ghibli dan Ghibli S. Namun sumber lain menyebut sekitar Rp 1,7-1,9 miliar.


(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment