Wednesday, November 4, 2015

Ketika Harus Ujian Praktik SIM Motor

Ketika Harus Ujian Praktik SIM MotorJakarta -

SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah perihal wajib yang harus dibawa ketika berkendara. Tanpa membawa itu jangan berani-beraninya Anda berkendara di jalan raya. Mungkin yang paling menakutkan jika Anda tidak membawa SIM tersebut adalah akan ditilang ketika terjadi razia atau jika Anda membuat kesalahan saat berkendara.

SIM dan STNK merupakan pasangan wajib yang harus dibawa ketika berkendara, untuk BPKB bisa disimpan di rumah untuk meminimalisir risiko kehilangan.

Beberapa waktu lalu, kami sedikit menyuguhkan tata cara membuat SIM, serta biaya yang harus dikeluarkan sampai SIM tersebut Anda terima. Tetapi untuk itu semua, ada satu tahapan yang juga harus Anda lalui ketika membuat SIM, yaitu ujian praktik. Khususnya untuk Anda pemohon untuk membuat SIM C alias SIM untuk sepeda motor.

Tak pelak, ketika melakukan tes praktik dengan kondisi jalanan sempit, jalur zigzag dan angka delapan, para calon pembuat SIM banyak yang berguguran. Tidak sedikit pula yang menganggap test praktik tersebut dinilai menyulitkan dan konyol.

Tetapi, hal itu dibantah langsung oleh Kasat Lantas Polres Jepara, AKP Andhika Wiratama.

Menurutnya, pengetesan teori pembuatan bukanlah dibuat-buat oleh pihak kepolisian hanya semata-mata menyulitkan masyarakat.

Trek ini sejatinya dibuat oleh pemerintah, DPR yang bekerja sama dengan ahli yang sudah sesuai dengan standar khusus, bahkan internasional dan sudah ada pula aturannya di dalam undang-undang.

Kesulitan ketika membuat SIM memang sengaja dibuat karena untuk memberikan gambaran bahwa kondisi yang terjadi di jalanan lebih berat ketimbang saat pengujian. Kondisi di jalanan lebh fantastis, setidaknya jika lulus di trek zigzag dan angka delapan, maka keterampilannya berkendara di jalanan nanti di atas standar kebanyakan.

Disarankan agar lulus SIM lebih cepat, khususnya untuk SIM C, ada baiknya melakukan simulasi dahulu di tanah lapang dengan kondisi yang sama ketika diuji di kantor kepolisian.

Selain itu, ada beberapa trik pula yang harus Anda pahami ketika test praktek SIM C ini, berikut tes ketrampilan dan sedikit tips agar lulus dengan maksimal

1. Deretan balok berdiameter bulat dengan tinggi sekitar 30cm, berjarak masing-masing sekitar 1 meter, membentuk pola garis lurus sejauh 11 meter. Pada rintangan ini peserta tes wajib melaluinya dengan kecepatan maksimal 10 km/jam. Jika pengendara tidak lihai dalam mengatur ritme gas pada bukaan rendah dan tidak seimbang, kemungkinan akan gagal. Setiap balok yang berdiri di atas aspal juga sangat sensitif terhadap sentuhan. Menyerempet sedikit saja, sudah pasti terjatuh dan dianggap gagal.

2. Slalom memlewati deretan balok berjarak dua meter, juga membentuk garis lurus sejauh 11 meter. Bedanya, apda tes ini peserta wajib melaju dalam kecepatan 20 km/jam â€Â" 30 km/jam, tanpa mengerem.

3. Membuat angka delapan melalui susunan balok yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Fokusnya ketika menjaga keseimbangan, mengatur bukaan gas dan posisi duduk yang ideal.

4. Teknik pengereman reaksi. Dari kecepatan 40 km/jam, peserta akan diminta melakukan rem mendadak dan menghindari rintangan, sesuai instruksi petugas ke kiri. Nilai akan ditentukan jika peserta mengikuti instruksi petugas dengan tepat. Harapannya, refleks pengendara baik ketika megerem reaksi dan membuang arah ke kiri. Mengapa ke kiri? Karena jika ke kanan, saat lalu lintas sedang ramai, bisa berbenturan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan.

5. Menjaga keseimbangan sepeda moor dengan kecepatan rendah dan memastikan kaki tidak turun ke aspal. Teknik ini berguna pada waktu mendekati lampu merah dan pengendara sepeda motor berada di antara dua pengendara lain. Jika badan tidak seimbang, kaki akan turun dan berpotensi terlndas kendaraan di sampingnya tersebut.

6. Tes kombinasi dari lima praktik sebelumnya. Tes ini dilakukan secara stimultan dari awal sampai akhir. Jika berhasil, SIM C Anda sudah di depan mata.


(ddn/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment