Wednesday, November 4, 2015

Begini Rupanya Trik Pelajar Kucing-kucingan dengan Polisi saat Razia

Begini Rupanya Trik Pelajar Kucing-kucingan dengan Polisi saat RaziaBandung - Banyaknya pelajar sekolah dibawah umur yang mengendarai motor maupun mobil cukup bikin pusing polisi. Untuk menghidari razia dan kena tilang, sejumlah trik lihai dilakukan oleh para pelajar yang 'kucing-kucingan' dengan polisi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubdit Dityasa Ditlantas Polda Jawa Barat, AKBP Muhammad Tora di sela-sela acara edukasi safety riding di Polda Jawa Barat, Bandung, kemarin.

Saat pelaksanaan razia di jalan, petugas kepolisian menemukan sejumlah trik yang dilakukan oleh pelajar agar terhindar dari pantauan polisi. Caranya dengan mengganti celana seragam dan mengenakan celana biasa seperti jeans.

"Banyak triknya yang dilakukan pelajar. Mereka dari rumah pakai celana biasa, tidak pakai seragam. Tapi begitu sampai sekolah, celana tersebut langsung diganti. Banyak kita temukan yang seperti itu dan kita tindak," ujar Tora.

Padahal, kebanyakan dari pelajar tersebut masih dibawah umur untuk mengendarai motor. Mereka pun belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang menjadi syarat dan benda wajib yang dibawa oleh para pengendara.

Kendati demikian, Muhammad Tora melihat dari aspek sosiologis dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Misalnya jarak rumah dan sekolah yang jauh serta belum memadainya angkutan umum. Alhasil, para pelajar tak punya pilihan selain naik motor.

"Kami tidak menutup mata melihat banyak pelajar kelas 1 sampai 2 SMA yang tidak punya SIM dan mengendarai motor. Tidak menutup kemungkinan juga karena alasan rumah mereka jauh dengan sekolah atau orangtua yang sibuk jadi tidak bisa mengantar. Angkutan umum juga belum memadai," ujarnya.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment