Wednesday, November 4, 2015

Honda Depak Kantung Udara Takata

Honda Depak Kantung Udara TakataWashington - Buntut dari penarikan mobil secara besar-besaran akibat airbag Takata yang bermasalah, Honda tak akan lagi menggunakan airbag buatan pabrikan itu lagi. Maklum, airbag tersebut telah mengakibatkan delapan orang tewas dan jutaan mobil Honda ditarik.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (4/11/2015), pernyataan Honda Motor Company menyebut, keputusan tersebut dibuat setelah dilakukan litigasi atas dugaaan inflator airbag yang bermasalah. Bahkan, Takata diduga telah memanipulasi dan menyembunyikan data uji peranti tersebut.

"Sebagai hasil dari review kami atas dokumen-dokumen ini, kami telah menyadari bahwa bukti telah menunjukkan bahwa Takata salah mengartikan dan memanipulasi data uji untuk inflators airbag tertentu," bunyi pernyataan Honda. Honda merupakan pengguna terbesar airbag Takata.

Pabrikan ini juga berharap pemasok lain yang menyuplai airbag ke pihaknya menjaga integritasnya seterusnya. “Kami sangat bermasalah dengan perilaku salah satu pemasok kami,” Honda menambahkan.

Hanya, pabrikan ini tak menyebutkan siapa saja pemasoknya selain Takata Corporation. Meski begitu telah menjadi rahasia umum, bahwa pabrikan yang menjadi pemain utama di pasar airbag adalah Daicel Corp dari Jepang, TRW Automotive (sekarang bagian dari ZF Friedrichshafen Jerman AG) dan Autoliv dari Swedia.

Sebelumnya, pihak berwenang di Amerika Serikat telah mendenda Honda senilai puluhan juta dolar. Bahkan lembaga itu juga mendenda Takata Corporation selaku pabrikan pembuat airbag senilai ratusan juta dolar karena dinilai lalai.

Honda mengatakan penyelidikan terhadap akar penyebab inflator airbag meledak skini masih dalam proses penyelidikan. Adapun untuk proses penarikan terhadap mobil yang menggunakan airbag itu, sampai saat ini masih sebanyak 41 persen.


(arf/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment