Thursday, April 3, 2014

Johnny Darmawan: Saya Mau Leha-leha Dulu

Johnny Darmawan: Saya Mau Leha-leha DuluJakarta - Johnny Darmawan sudah pensiun dari Toyota setelah memimpin PT Toyota-Astra Motor (TAM) sejak 2002 silam. Apa yang akan dilakukan Johnny setelah pensiun?

"Saya mau berleha-leha dulu karena sudah 32 tahun bekerja. Momong cucu. Cucu saya sudah berumur 2 tahun," kata Johnny di sela-sela media gathering di hotel Shangri-la, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Johnny menuturkan setelah memutuskan pensiun dirinya ditawari menjadi penulis di salah satu media Indonesia ternama.

Namun dia belum menyetujuinya. Sebab meski sukses jadi pebisnis belum tentu bisa menulis. Kendati demikian, tidak dipungkiri pekerjaan sebagai penulis bakal dia terima. Soalnya baru-baru ini Johnny mengeluarkan buku berjudul 'Kiprah Toyota Melayani Indonesia 2002-2014' setebal 254 halaman.

"Ada beberapa dari teman wartawan menwarkan saya kolom buat nulis, tapi saya saat ini belum memutuskan. Istirahat dulu. Karena jago berbisnis, belum tentu jago bertutur lisan," ucapnya.

Johnny sepertinya benar-benar ingin fokus istirahat dan berkumpul dengan keluarga tercinta di rumah sembari menikmati masa pensiunnya. Sebab selain tawaran sebagai penulis, dia sempat menerima tawaran bekerja di Toyota Jepang beberapa tahun lalu. Tapi lagi-lagi dia menolak kesempatan itu.

"Saya lebih senang di sini, Indonesia. Soalnya kala dekat mereka, kayaknya kamu harus punya privasi. Kita menyadari. Aku lebih enak hidup, walaupun di sini kan kerjanya kan senyum, tapi kalau sudah kerja di TMC senyum juga tidak bisa. Paling tiap hari nulis. Kalau di sini bisa becanda. Walaupun pak Abong (Suparno Djasmin-Wakil Presiden TAM) bilang pulang malam tetap saja banyak senyum dan ketawa. Nanti kalau aku bantuin mereka kamu tidak melihat aku senyum lagi," ungkap Johnny.

"Jadi aku menikmati yang sekarang, nanti kita pikirkan ke depan, pasti adalah. Saya kan tidak akan diam-diam saja. Saya akan tetap berkarya, selama saya masih punya bernapas, selama saya masih hidup bisa jalan, masih sehat, kita harus berkarya," tutur Johnny.


0 comments:

Post a Comment