Thursday, February 26, 2015

Pak Jokowi, Garansindo Mau Ambil Alih Esemka

Pak Jokowi, Garansindo Mau Ambil Alih EsemkaJakarta - Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat dengan sejumlah menteri untuk membahas pengembangan industri otomotif nasional. Salah satu hasil rapat itu adalah, Esemka membutuhkan modal awal Rp 100 miliar untuk mengembangkan produknya.

Mengetahui hasil rapat itu, CEO PT Garansindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah menyatakan pihaknya siap untuk berinvestasi dan mengembangkan Esemka menjadi mobil hasil rakitan lokal atau karya anak bangsa Indonesia.

"Garansindo sebagai perusahaan lokal memiliki mimpi visi dan misi Indonesia punya mobil produksi lokal. Kita siap berinvestasi, kita tidak perlu perlakuan khusus. Artinya, kalau sampai Garansindo berinvestasi dan Esemka jadi bagus, kita tidak perlu dapat perlakuan khusus," tegas pria yang akrab disapa Memet dalam wawancara dengan beberapa media.

Menurut Memet, pernyataan Jokowi dan Menko Perekonomian Sofyan Djalil yang mengatakan Esemka itu kalau diproduksi lokal (komponen lokal) bisa digunakan di instansi-instansi lokal saja sudah cukup. Esemka tidak perlu dapat perlakuan pajak khusus, karena ada aturan WTO (Badan Perdagangan Dunia).

Sebelumnya tahun 1990-an, proyek mobil nasional Timor gagal setelah pabrikan Jepang, Amerika dan Jerman menuntut perlakuan khusus yang diterima Timor.

"Esemka jangan sampai kena WTO lagi karena kita sudah 2 kali kena WTO, maka dari itu dukungan pemerintah itu perlu, tidak perlu aneh-aneh, yang kita butuhkan itu nasionalismenya para BUMN dan pemerintahan, kalau ada barang yang sama, kualitas yang sama kenapa harus merek lain," bebernya.

Maka dari itu, Garansindo sebagai perusahan lokal sangat setuju. Menurut Memet, benar apa yang dikatakan Jokowi dan Sofyan Djalil, kalau Esemka tidak akan bisa bersaing dengan produk dunia karena tidak akan kuat, jadi cukup menyasar ke market share tertentu.

"Saya setuju dengan pernyataan itu, artinya kalau kita bersaing raksasa-raksasa dunia tidak akan mungkin, tapi kalau untuk market share tertentu saya setuju banget. Intinya saya mau berinvestasi untuk Esemka, saya mau membesarkan Esemka," tuntas Memet dengan bersemangat.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment