Thursday, February 26, 2015

23 Tim Shell Eco-marathon Indonesia Tiba di Manila

23 Tim Shell Eco-marathon Indonesia Tiba di ManilaManila - Hajatan Shell Eco-marathon (SEM) kembali digelar di Manila Filipina, dan kali ini merupakan penyelenggaraan ke-30. Edisi keenam SEM Asia itu juga diikuti oleh 23 tim dari Indonesia, dan Rabu (25/2/2015) kemarin mereka telah tiba di Luneta Park, Manila, Filipina.

Indonesia menerjunkan 23 tim yang berasal dari 18 perguruan tinggi yang tersebar di 10 kota di Indonesia. Mereka akan mengadu tingkat keiritan konsumsi bahan bakar mobil buatan mereka di sirkuit jalan raya di jantung kota Manila, Filipina.

Tahun ini, Indonesia menerjunkan sembilan tim baru yang untuk pertama kalinya bergabung dalam kompetisi ini, yaitu ITS Team 3, TITEN UNEJ, IMEI, Mobil Irit Tarumanegara, Japati K21 U-Line, Antawirya, Bengawan Team 1, UNJ Batavia Diesel dan Genetro Suryo.

Para peserta ditantang untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar yang maksimal di lingkungan perkotaan yang sebenarnya. Pemenang akan ditentukan berdasarkan jarak tempuh terjauh dengan hanya menggunakan satu liter bahan bakar atau ekuivalen.

PembukaanShell Eco-marathon Asia 2015 digelar Jumat (27/2/2015) di Luneta Park dan penutupan serta pemberian penghargaan akan digelar pada 1 Maret di Tent City, Manila Hotel. Kejuaraan ini menyediakan 24 penghargaan On-Track dengan hadiah uang tunai US$2.000 atau sekitar Rp 24,6 juta untuk pemenang dan US$1.000 atau sekitar Rp 12,3 juta untuk Runner Up di kategori Prototype dan UrbanConcept.

Para peserta juga akan berlomba memperebutkan enam penghargaan Off-Track. Penghargaan diberikan untuk pemenang kategori Komunikasi, Desain Kendaraan, Inovasi Teknis, Keamanan, Kegigihan dan Semangat, serta Shell Helix Tribology.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment