Thursday, February 26, 2015

Peserta Lomba Irit BBM, Banyak yang Gagal di Uji Seat Belt

Peserta Lomba Irit BBM, Banyak yang Gagal di Uji Seat BeltManila - Lomba irit BBM tingkat pelajar/mahasiswa, Shell Eco-maraton kembali digelar di Manila, Filipina. Ada dua kategori yang dilombakan yakni urban dan prototipe. Khusus dalam kategori urban concept banyak peserta yang gagal di tes keselamatan.

"Kebanyakan mereka gagal di uji sabuk pengaman,” ujar Technical Advisor Shell Eco-marathon tingkat Asia Colin Chin kepada wartawan di Manila Hotel, Filipina. Kamis (26/2/2015).

Colin mengatakan dalam kompetisi tahun ini ada peningkatan standar keselamatan khususnya di Urban Concept. Sehinggga tak hanya sekedar kendaraan yang irit BBM akan tetapi dapat diaplikasikan secara nyata.

"Bukan sekedar formalitas terlebih kendaraan yang digunakan untuk berlomba, pada akhirnya selain lebih realistis kendaraan mereka juga dapat digunakan di jalan umum sehari-harinya," ujarnya.

Seperti event Shell Eco-marathon 2014 di Belanda. Salah satu pemenang dalam kategori urban concept tidak hanya mendapat hadiah uang dan trofi, kendaraan mereka mendapatkan sertifikat laik jalan layaknya mobil lainnya.

Colin mengatakan dalam aspek teknis banyak pengetatan peraturan dalam Shell Eco-marathon 2014 ini. Mulai dari mesin hingga sistem pengereman sampai dengan perubahan struktur jalana

"Tahun ini banyak perbedaan dibanding tahun lalu seperti garis finish lebih cepat kemudian tingkungan lebih curam kemudian jalannya menggunakan beton bukan aspal dan lain-lain sehingga selain dari aspek keilmuan tahun ini pengemudi mobil juga dituntut lebih handal," tutupnya.


(edo/ddn)

0 comments:

Post a Comment