Monday, March 2, 2015

Konsumsi BBM Lexus NX 200t Bisa Capai 14 Km/Liter

Konsumsi BBM Lexus NX 200t Bisa Capai 14 Km/LiterJakarta - Merek mewah milik Toyota Motor Corporation meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) kompak Lexus NX200t versi Eco-Turbo di Indonesia. Mobil bermesin 1.993 cc itu diklaim irit bahan bakar, dengan tingkat konsumsi 12,4 km/liter, bahkan mencapai 14 km/liter.

"Hasil pengujian para emgineer kami, konsumsi bahan bakar rata-rata di jaalanan kombinasi jalan kota dan jalan bebas hambatan mencapai 12,4 km/lter," tutur Chief Engineer Lexus NX, Takeaki Kato, di sela peluncuran Lexus NX, di Jakarta, Senin (2/3/2015).

Bahkan, lanjut Kato, saat dilakukan pengujian di jalan bebas hambatan dengan kecepatan tinggi, konsumsi BBM mobil ini mencapai 14 km/liter. "Namun, ini tentunya tergantung kondisi jalan dan cara mengemudi," ucapnya.

Namun yang pasti, Kato menyebut keiritan konsumsi BBM itu tak lepas dari fitur eco turbo yang dipasang pada SUV yang muali dipasarkan di pasar global kuartal pertama 2014 itu. Teknologi eco turbo di Lexus NX ini menggunakan cylinder hed yang terintegrasi dengan watercooled exhaust manifold.

Hasilnya performa mesin cukup mumpuni namun tetap irit bahan bakar. Terbukti mesin bensin 8AR-FTS berkapasitas 1.998 cc empat silinder itu mampu menyemburkan tenaga hingga 238PS dan torsi 350 Nm. Bahkan performa mesin yang galak sudah terasa meski putaran mesin baru menyentuh angka 1.600 rpm. "Torsinya setara dengan torsi mesin berkapasitas 3.500 cc," kata Kato.

Semburan tenaga dari mesin itu disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi otomatis 6 tingkat percepatan. Menariknya transmisi ini bisa diganti manual dengan cukup menekan Paddle-Shift yang berada dibalik kemudi.

Sementara itu, Lexus Principal Indonesia, Hiroyuki Fukui menyatakan, saat tren yang terjadi di pasar mobil premium tengah mengarah ke mobil bermesin kecil dengan tenaga besar namun irit bahan bakar. "Oleh karena itu. Lexus NX 200t ini merupakan jawaban dari tren tersebut," kata dia.

Pernyataan Fukui diamini Kato. Dia menyebut konsumen saat ini menerjemahkan predikat premium dari sebuah kendaraan bukan lagi berdasar dimensi bodi dan kapasitas mesin yang besar. Namun, konsumen menerjemahkannya sebagai mesin berkapasitas kecil namun memiliki performa tinggi, irit BBM, dan ramah lingkungan plus sederet fitur canggih.

Semua ciri-ciri itu, kata dia, ada pada Lexus NX 200t. "Jadi tak heran jika respon masyarakat di dunia terhadap Lexus NX ini sangat besar. Bahkan melebihi ekspektasi kami," tuturnya.

Senada dengan Kato, Lexus Principal Indonesia lainnya, Suparno Djasmin, mengatakan, sampai hari ini pemesanan Lexus NX 200t di Indonesia sudah mencapai 150 unit. Dia optimis angka pemesanan akan terus bertambah setelah peluncuran mobil itu resmi dilakukan.

0 comments:

Post a Comment