Monday, March 2, 2015

Yamaha: R25 Standar Mau Pakai ABS Bisa Saja, Tapi Biayanya Lebih Mahal

Yamaha: R25 Standar Mau Pakai ABS Bisa Saja, Tapi Biayanya Lebih MahalSentul - Yamaha pertama kali meluncurkan YZF-R25 pada Mei 2014 lalu. Saat itu, R25 yang diluncurkan adalah versi non-ABS. Dengan berbagai pertimbangan, maka kali ini Yamaha meluncurkan R25 versi Anti-lock Braking System (ABS).

Namun, untuk konsumen yang sudah terlanjur membeli R25 versi standar dan ingin menanamkan ABS harus bersabar. Soalnya, Yamaha belum mau menyediakan ABS secara terpisah.

Menurut GM Motorsport and Aftersales PT YIMM M Abidin, pemilik R25 versi standar bisa saja menambahkan ABS pada motornya. Namun, penambahan ABS itu tentu akan jauh lebih mahal daripada R25 versi ABS yang langsung dikeluarkan Yamaha.

"Bisa diubah kalau mau. Tapi kami tidak menyarankan, karena ada 91 item perbedaan antara versi non-ABS dan ABS. Bisa dibayangkan, banyak sekali perubahan yang harus dilakukan. Kalau mau ganti, akan lumayan mahal," kata Abidin di acara peluncuran R25 ABD di Lor In Hotel, Sentul, Kabupaten Bogor.

Abidin pun merinci item utama yang mempengaruhi perbedaan R25 Non-ABS dan ABS. Item tersebut adalah engine control unit, hidraulic unit assy, front wheel sensor assy, rear wheel sensor assy, wire harneess, meter assy, rotor sensor, casting wheel assy, caliper assy yang memiliki bacaan sensor.

Abidin masih belum bisa membocorkan informasi berapa harga yang ditetapkan untuk menambahkan ABS pada R25 standard jika pihaknya akan menjual ABS secara terpisah. Namun, sementara ini Yamaha masih belum berencana untuk menjual ABS terpisah.

"Saya enggak bisa ngomong harga pasnya berapa. Untuk sementara ini belum ke arah sana (jual ABS secara terpisah). Karena pemasangan sulit dan komponennya banyak. Lagi juga segmennya beda antara R25 non ABS sama yang ABS," ungkap Abidin.


(rgr/ady)

0 comments:

Post a Comment