Monday, March 2, 2015

SUV Termurah Lexus Ini Hanya 'Minum' BBM Oktan 95

SUV Termurah Lexus Ini Hanya Jakarta - Merek mewah milik Toyota Motor Corporation resmi meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) bermesin terkecil, yakni Lexus NX 200 t di Indonesia. Mobil ini dilengkapi fitur Eco-Turbo yang menjadikannya bertenaga besar dan irit bahan bakar, karena itu direkomendasikan mengkonsumsi BBM beroktan 95 atau Pertamax Plus.

"Kami telah menganalisa kualitas bahan bakar di Indonesia, terutama yang beroktan tinggi, yakni 95 cocok digunakan mesin ini. Sebelum mengembangkannya, kami sudah melakukan riset mutu BBM dari setiap negara yang akan dihampiri mobil ini," tutur Chief Engineer Lexus NX Takeaki Kato di sela peluncuran NX 200 t di Jakarta.

Jenis BBM yang direkomendasikan Kato adalah BBM dengan tingkat Research Octane Number (RON) 95 atau sejenis Pertamax Plus. "Oleh karena itu tidak masalah, dengan catatan membeli di stasiun pengisian bahan bakar resmi," ucapnya.

Kato menyebut teknologi Ecp-Turbo yang ditanam pada mesin SUV ini merupakan peranti turbo pertama di dunia yang menggunakan Cylinder Head terintegrasi dengan water-cooled exhaust manifold. Dengan teknologi itu, maka Lexus NX menyemburkan tenaga dan torsi yang besar plus irit BBM.

Mesin 4-silinder dengan kode 8AR-FTS berkapasitas 1.998 cc tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 238 PS dan torsi 350 Nm yang bisa dirasakan sejak putaran mesin menyentuh angka 1.600 rpm.

Sedangkan hasil penelitian internal Lexus menunjukkan, tingkat konsumsi BBM NX200t di jalanan kombinasi antara jalanan kota dan jalan bebas hambatan mencapai 12,4 km/liter. Sedangkan di jalan bebas hambatan dengan kecepatan tinggi mencapai 14 km/liter.

Di Indonesia, model ini ditawarkan dalam dua varian yakni Luxury yang dibanderol Rp 935 juta on the road Jakarta, dan F-Sport yang dihargai Rp 970 juta on the road. Keduanya mengusung yang sama, hanya bagian bodi dan fitur tertentu yang menguatkan karakter sport yang membedakannya.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment