Tuesday, June 30, 2015

Di Prancis, Bikers Dilarang Pakai Headphone

Di Prancis, Bikers Dilarang Pakai Headphone Paris - Untuk menghilangkan rasa bosan, pengendara sepeda motor kerap kali menggunakan headphone. Tidak hanya di Indonesia, ternyata di negara lain juga banyak yang melakukan. Tapi di Prancis, menggunakan headphone sambil mengendarai sepeda motor dianggap sebagai tindakan ilegal. Peraturan itu berlaku mulai 1 Juli ini.

Seperti diberitakan Autoevolution, Selasa (1/7/2015), anggota parlemen Prancis memutuskan bahwa segala bentuk earphone baik itu dengan kabel atau nirkabel dan dapat dimasukkan ke dalam telinga dianggap sebagai gangguan utama dan tidak boleh digunakan saat mengemudi kendaraan di jalan umum. Larangan itu juga nantinya berlaku untuk pengguna sepeda.

Peraturan ini diberlakukan untuk mengurangi jumlah korban jiwa di jalanan Prancis, terutama yang disebabkan oleh pengendara yang terganggu dengan ponselnya. Sekitar 10 persen dari korban di jalan disebabkan oleh penggunan ponsel.

Mulai 1 Juli, mereka yang tertangkap menggunakan perangkat itu selama berkendara akan diganjar denda sebesar 135 euro dan tiga poin lisensi akan dikurangi. Pejabat Prancis mengatakan, denda itu diharapkan bisa mencegah pengendara motor dan sepeda terlibat kecelakaan.

Pengguna motor yang menggunakan ponsel di helm mereka juga masuk ke dalam larangan ini. Jadi, kalau Anda akan berkunjung ke Prancis dan ingin menggunakan sepeda motor, jangan sekali-sekali menggunakan perangkat yang mengganggu konsentrasi.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment