Tuesday, June 30, 2015

Ini Poin Safety Riding yang Diajarkan kepada Pengendara GO-JEK

Ini Poin Safety Riding yang Diajarkan kepada Pengendara GO-JEKJakarta - PT GO-JEK Indonesia (GO-JEK) menggandeng Rifat Drive Labs (RDL) untuk melatih pengendara GO-JEK dalam meningkatkan kualitas mengemudi. Ada dua poin yang diajarkan kepada pengendara GO-JEK yakni skill awareness dan commentary riding.

Menurut founder Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar, pihaknya akan memberikan teori dan praktik. Untuk poin skill awarness ada 7 poin yang harus dipelajari.

"Skill awarness, ada 7 poin. Pertama dia harus lewatin letter 8 besar dan kecil, slalom lurus, zig-zag, balancing board jadi kayak lewatin board, manuver di jalan sempit, bukan jalannya yang sempit tapi cone-nya sempit jadi biar dengkulnya mentok tidak," kata Rifat.

"Keenam dia harus lewat jalan rusak, lewat rawa-rawa yang belum dirapikan, karena lu belum pernah tahu akan lewat mana. Terakhir lewat tangga ditidurin, itu simulasi jika bertemu jalan yang bumpy, ternyata kalau melewati jalan yang bumpy terus pengendara duduk, yang diboncengin loncat, jadi pegendara harus mengangkat badan, biar yang belakang (penumpangnya) enggak loncat," lanjut Rifat.

Selain itu, sebagian pengendara juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu dengan mengitari wilayah sekitar tempat pelatihan selama 15 menit. Sebagian pengendara yang menunggu akan dilatih bagaimana teknik pengereman.

"Yang menunggu diberikan latihan braking, presision braking dan reaction braking, ada berhenti di kotak ada berhenti pilih kotak, ada braking di atas pasir," jelas Rifat.

Tidak hanya skill, kondisi motor pun tetap diberikan pengarahan bagaimana mengecek motor sebelum perjalanan. Hal itu masuk ke dalam kategori commentary riding.

"Ketika dia mau naik motor, kita melakukan pre-trip inspection, dan pengetahuan dia terhadap ini dan cara dia naik motor pertama kali. Lalu ketika berjalan bagaimana dia take over, bagaimana dia bermanuver, bagaimana dia masuk dari jalan secondary ke jalan utama, bagaimana dia balik arah. Di commentary riding helmnya pake intercom," kata Rifat.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment