Tuesday, June 30, 2015

41 Tahun Kiprah Yamaha di Indonesia, Tantangan dan Strategi ke Depan

41 Tahun Kiprah Yamaha di Indonesia, Tantangan dan Strategi ke DepanJakarta - Bulan Juli ini Yamaha Indonesia menapak usia 41 tahun. Pasang surut penjualan telah dialami merek berlambang garpu tala ini, termasuk pada empat bulan pertama tahun ini.

Namun, berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Yamaha Indonesia mengaku tetap optimistis bisa melalui kondisi sulit. Bahkan, kondisi sulit yang ada saat ini dianggap sebagai sebuah sesuatu yang lumrah terjadi.

Bagi Yamaha setiap kondisi yang terjadi terus menjadi bahan evaluasi untuk melahirkan strategi jitu dalam menjalani roda bisnis.

“Kondisi yang terjadi tentunya sebuah pelajaran yang berharga. Langkah apa yang harus kami lakukan, jika kondisi seperti itu terjadi. Ibaratnya, kami ditempa untuk lebih tangguh dalam menghafapi berbagai kondisi,” papar Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Dyonisus Beti kepada detikOto saat ditemui di kantornya.

Selain telah terbiasa menghadapi berbagai kondisi, Dyon juga menilai meski terbilang kurang bagus dibanding tiga atau dua tahun yang lalu, namun kondisi saat ini tidaklah separah ketika terjadi krisis ekonomi 1997/1998, atau pada 2008.

“Kondisi dasarnya berbeda, meski ada keterkaitan dengan kondisi global,” ucap pria kelahiran Jambi, 13 Oktober 1962 itu.

Lantas, apa saja yang dilakukan Yamaha Indonesia menghadapi situasi sulit yang terjadi saat ini? Apa langkah antisipasi jangka panjang? Bagaimana taktik menghadapi persaingan di pasar kendaraan roda dua yang semakin ketat? Dan yang diharapkan dari pemerintah untuk bisa berkontribusi terhadap perekonomian nasional? Berikut wawancara selengkapnya :


0 comments:

Post a Comment