Thursday, April 7, 2016

Kemenperin: Jalanan Macet Tidak Ada Hubungannya dengan Industri Mobil

Kemenperin: Jalanan Macet Tidak Ada Hubungannya dengan Industri MobilJakarta - Satu sisi kita sebagai pengguna jalanan umum, terkadang kita geram dengan adanya kemacetan di jalan. Namun di sisi lain, semakin macetnya jalan seperti di ibukota, menandakan industri otomotif Indonesia terus berkembang.

Lalu apa jawaban Kementerian Perindustrian melihat kemacetan yang selalu terjadi di jalan-jalan ibukota ya? Kemenperin merasa industri otomotif tak mesti dijadikan kambing hitamnya. Ada banyak aspek yang menjadi penyebab kemacetan.

"Kemacetan itu masalah izin di jalan, jadi tidak ada hubungan dengan industri," tegas Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan ketika ditem ui di sela-sela Indonesia International Motor Show, Kamis (7/4/2016).

Penyataan Putu ini bukan tanpa alasan, karena menurut Putu bicara soal industri otomotif itu luas. Industri otomotif tidak hanya menyuplai mobil untuk domestik tetapi juga bisa mengekspor kendaraan.

"Karena industri ini bisa bertujuan untuk ekspor, kalau penggunaan pengendaraan itu diatur oleh pemerintah daerah," ujar Putu.

"Pemerintah daerah harus memilah, kendaraan yang layak yang mana, dan yang tidak layak yang mana. Pemerintah daerah harus melakukan itu," tambahnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment