Thursday, April 7, 2016

Marquez Bertutur soal Gaya Agresifnya Terkait Ban Michelin

Marquez Bertutur soal Gaya Agresifnya Terkait Ban MichelinAustin - Marc Marquez sempat ingin mengubah gaya berkendara, mengurangi agresifitas, dalam prosses adaptasi dengan ban Michelin. Tapi gaya agresif itu pada akhirnya tak bisa dipisahkan darinya.

MotoGP saat ini menggunakan ban Michelin, berubah dari sebelumnya Bridgestone. Masing-masing ban itu memiliki karakteristik yang berbeda--bahkan cenderung bertolak belakang.

Sebelum ini Marquez sendiri dikenal dengan gaya berkendara yang memforsir daya cengkeram ban depan Bridgesgtone, masuk ke tikungan dengan ban belakang menggantung di udara--setidaknya sampai masalah motor RCV tahun lalu--kemudian menyelusurkan (slide) ban belakang untuk mengarahkan motor sesuai ya ng ia perlukan ketika meninggalkan tikungan.

Nah, ban Michelin justru punya karakter daya cengkeram beda, dengan ban belakangnya justru mampu terus menggigit lintasan dan bagian depan lebih halus. Hal itu membuat Marquez sempat bereksperimen mengurangi agresifitasnya dalam berkendara, tapi pada akhirnya rider Repsol Honda itu kembali ke gaya lama setelah merasa percaya diri.

"Pada pramusim saya banyak memikirkan tentang gaya berkendara, mengenai usaha menemukan cara lain untuk berkendara dengan ban Michelin dan segala macamnya. Keseimbangan motornya juga terasa tak enak," kata Marquez di Crash.net.

"Jadi saya berusaha mengubah banyak hal, tapi pada akhirnya ketika saya merasa enak di atas motor untuk kali pertama, yakni pada hari terakhir pramusim, saya mulai kembali menggunakan gaya berkendara yang biasanya.

"Saya berusaha mengendalikan sejumlah momen saat motor menyelusur, karena kalau tidak saya akan membuat bannya terlalu pana s. Tapi pada akhirnya ketika seorang rider merasa nyaman dengan motor dan segalanya berjalan baik, semua jadi alamiah saja.

"Itulah gaya saya dan tak bisa diubah. Saya selalu memiliki gaya agresif, banyak menyelusur. Pada akhirnya, tentu Anda bisa jadi lebih oke dan itu tergantung pada kondisi lintasan, tapi semuanya tetap akan datang secara alamiah," tuturnya.
(krs/ddn)

0 comments:

Post a Comment