Tuesday, February 11, 2014

2 Tahun Berdiam Diri, Hyundai Ekspansi Lagi

2 Tahun Berdiam Diri, Hyundai Ekspansi LagiSeoul - 2 Tahun lalu, pabrikan Korea memilih untuk menghentikan sementara semua ekspansi mereka. Hal ini dilakukan Hyundai agar tidak bernasib seperti produsen Jepang yang terlalu agresif di tahun 2000-an.

Namun kini Hyundai dan Kia Motors Corp seperti dilansir Reuters, sudah bangun dari hibernasi mereka dan siap untuk melakukan ekspansi, terutama di China.

Di China, Hyundai tengah mencari lokasi yang cocok untuk pabrik keempat mereka di China. Mereka pun kini tengah melakukan studi kelayakan di Meksiko.

"Kami mulai menyiapkan rencana jangka menengah dan panjang untuk melakukan investasi," kata salah satu petinggi Hyundai yang enggan disebutkan namanya.

2 Tahun lalu, penghentian sementara ekspansi itu diumumkan oleh Chairman Hyundai Chung Mong-koo. Chung tidak ingin Hyundai melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan Toyota.

Toyota, tutur sumber itu, karena terlalu ekspansif, sempat kehilangan kontrol pada proses manufaktur setelah mereka mampu memproduksi sekitar 8 juta kendaraan.

"Hyundai berkembang terlalu cepat dan dikhawatirkan para pemasok tidak bisa mengikutinya," ujar sumber lain.

Data recall (penarikan kembali) yang menjadi salah satu indikasi kesempurnaan produksi bisa memberikan kesimpulan sendiri. Hyundai/Kia berada di urutan ketiga, pabrikan yang paling sering melakukan penarikan. Sementara Toyota dan Chryler berada di urutan pertama dan kedua.

Mengenai penjualan Hyundai dan Kia berencana menjual sekitar 7,86 juta kendaraan tahun ini, naik dibanding tahun lalu yang mencapai 7,56 juta.


0 comments:

Post a Comment