Tuesday, February 11, 2014

Cuaca Dingin Bikin Mobil Jadi Boros BBM

Cuaca Dingin Bikin Mobil Jadi Boros BBMJakarta - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan bisa boros itu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Selain cara berkendara yang tidak baik, borosnya BBM juga ternyata bisa disebabkan oleh kondisi cuaca yang dingin.

Hal itu ditemukan setelah Oak Ridge National Laboratory melakukan penelitian pada beberapa model mobil pada musim dingin dan ternyata hasil konsumsi BBM-nya lebih boros sepertiga dari musim panas atau dengan cuaca normal.

"Mengemudi dalam kondisi cuaca atau musim dingin dapat mengurangi konsumsi bahan bakar mobil Anda secara signifikan," kata Bo Saulsbury dari Oak Ridge, seperti dikutip dari inautonews.

Tapi jangan khawatir, meski cuaca dingin masih bisa mencari jalan keluar agar konsumsi BBM pada mobil Anda tidak terlalu boros.

Menurut lembaga penelitian itu, caranya adalah mengganti lokasi parkir yang biasanya mobil disimpan di luar diusahakan untuk diparkir di dalam garasi yang tertutup.

Sebelum berangkat, mesinnya sedikit dipanaskan. Hal itu agar memberikan waktu untuk mesin dan cairan oli lainnya untuk sedikit memanas.

Jika Anda menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti Plug-in Hybrid pastikan kabinnya atau hangatkan sebelum diparkir, sehingga saat Anda melakukan perjalanan tidak akan menguras baterai dan akan tetap irit.



0 comments:

Post a Comment