Tuesday, February 11, 2014

Mobil Karya Mahasiswa UI Pecahkan Rekor Asia

Mobil Karya Mahasiswa UI Pecahkan Rekor AsiaManila - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Sadewa Otto berhasil memecahkan rekor Asia dengan pencapaian satu liter bensin untuk 301 kilometer liter pada kategori urban concept melalui mobil bernama Kalabia Evo-4.

Keberhasilan tersebut sekaligus mengantarkan tim Sadewa Otto menjadi Juara satu pada ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Luneta Park Manila, Filipina, 6â€Â"9 Februari 2014.

Kalabia Evo-4 berhasil meningkatkan performanya dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang baru mencapai jarak tempuh 152,3 km/l. Selain unggul pada kategori Urban Concept, UI juga meraih peringkat empat besar pada kategori Prototype dengan bahan bakar bensin di ajang yang sama melalui tim Nakoela dengan nama mobil Keris RV berjarak tempuh 342,48 km/liter.

Keberhasilan dua tim perwakilan UI untuk Indonesia ini tidak lepas dari peran para dosen pendamping yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng (Tim Sadewa Otto) dan Dr.Ario Sunar Baskoro, ST, MT, M.Eng (Tim Nakoela) yang keduanya berasal dari Fakultas Teknik UI.

Pada kategori Urban Concept dengan bahan bakar bensin, Universitas Sebelas Maret meraih peringkat dua dengan pencapaian 75.73 km/l.

Selanjutnya pada peringkat tiga diraih oleh Politeknik Negeri Jakarta dengan raihan 56,45 km/l dan Politeknik Negeri Pontianak menduduki peringkat keempat dengan jarak tempuh 56,46 km/l. Pada peringkat kelima diraih oleh Chitkara Institute of Engineering and Technology, India dengan pencapaian 55.96 km/l.

Lebih lanjut pada kategori Prototype dengan bahan bakar bensin paling irit berhasil diraih oleh Sakonnakhon Technical College Thailand dengan capaian 1796.03 km/l.


0 comments:

Post a Comment