Tuesday, February 11, 2014

Lampu Laser di Mobil Bikin Buta?

Lampu Laser di Mobil Bikin Buta?Jakarta - Pabrikan mobil asal Jerman Audi dan BMW mulai menawarkan lampu laser ketimbang lampu depan konvensional di model terbarunya. Pilihan kedua produsen tersebut pada teknologi baru ini karena unggul dalam penerangan dan lebih hemat penggunaan baterai.

Kira-kira apa keunggulannya dan bagaimana lampu laser bekerja?

Alasan menggunakan lampu depan model ini adalah lebih baik dalam soal pencahayan. Dalam konsep ini lampu depan laser menghasilkan penerangan 1.000 kali dari dioda pemancar cahaya bahkan lebih dari lampu LED lampu halogen atau xenon sekalipun.

Sementara itu, daya yang digunakan lebih kecil. Lampu laser menggunakan energi lebih sedikit sementara pijaran lebih baik dari lampu biasa dan LED.

Untuk diketahui lampu laser mengkombinasikan LED matriks dan sinar laser. 2 elemen yang teraplikasi dalam 1 unit lampu. Hal ini membuat 'laser-powered headlight' sebagai alternatif membantu penerangan mobil di malam hari di masa depan.

Meski unggul dalam hal penerangan, perkembangan lampu laser masih dipertanyakan terkait lampu laser yang bisa membutakan mata jika mata lama terpapar cahaya laser.

Dalam hal ini, pabrikan sekelas BMW sudah membuat kinerja lampu laser lebih cerdik dan tidak mempengaruhi mata pengendara sedikitpun seperti dikutip howstuffworks, Selasa (11/2/2014).

Jadi ketika mata berlawanan dengan lampu laser, cahaya yang dikeluarkan sudah 'jinak' dan tidak mengancam mata pengendara.


0 comments:

Post a Comment