Thursday, July 10, 2014

BMW dan Mercy Bersatu Bangun Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik

BMW dan Mercy Bersatu Bangun Stasiun Pengisian Baterai Mobil ListrikMunich - BMW sudah memiliki line up mobil-mobil ramah lingkungan seperti mobil listrik i3 dan mobil plug-in hybrid i8. Satu hal yang tengah dipikirkan bagaimana caranya mengisi baterai mobil-mobil yang memiliki kapasitas tinggi ini?

Beruntunglah BMW membuat sistem pengisian baterai yang mereka namakan BMW i Wallbox. Stasiun pengisian baterai tanpa kabel ini bisa dalam waktu singkat mengisi baterai mobil.

BMW tidak sendirian membangun fasilitas ini. Mengenyampingkan berbagai perbedaan, BMW dan Mercedes-Benz pun bersatu. Keduanya bersatu untuk mengembangkan wireless charging yang akan membuat kendaraan listrik menjadi lebih praktis dan menarik.

Proyek keduanya ini memiliki beberapa tujuan utama yakni untuk mengembangkan sistem untuk mengisi ulang baterai kendaraan listrik yang efisien, nyaman dan aman.

Kedua adalah atribut pengisian tenaga nirkabel yang akan secara otomatis melakukan pengisian tenaga ketika di parkir atau ketika cuaca buruk.

Nanti, di tempat parkir, di bawah mobil, akan ada wireless charging di mana medan elektromagnetik akan menghasilkan listrik. Keduanya mengatakan kalau wireless charging itu harus tahan terhadap cuaca, termasuk hujan salju yang kemungkinan akan menutupinya.

Energi listrik dialirkan melalui medan magnet dengan charging rate sebesar 3.6 kW. Dengan tingkat pengisian baterai seperti ini, kendaraan plug-in hybrid bisa terisi penuh dalam waktu kurang dari 3 jam.

Untuk mobil seperti i8 membutuhkan waktu kurang dari 2 jam untuk mengisi baterainya.


0 comments:

Post a Comment