Monday, July 7, 2014

Canggih Mobil Bisa Jalan Sendiri dengan Alat 'Murah' Ini!

Canggih Mobil Bisa Jalan Sendiri dengan Alat California - Era baru otomotif adalah mobil bisa berjalan sendiri tanpa pengemudi. Beberapa pabrikan mobil besar mengembangkan mobil berjuluk autopilot tersebut seperti Audi, Nissan, Toyota, VW yang cukup 'ngotot' memiliki teknologi cerdas dalam mobilnya.

Nah, di tengah kesibukan para produsen mobil ini, ternyata mobil bisa berjalan sendiri tak serumit yang dibayangkan perusahaan asal California, Amerika Serikat. Di tangan perusahaan kecil itu, mobil bisa jalan sendiri akan mudah tercipta dengan biaya relatif terjangkau yaitu cuma US$ 10.000 atau sekitar Rp 118 juta. Alat tersebut lebih murah dari mobil autopilot Google yang dibanderol Rp 894 juta.

Dilansir situs resmi getcruise, Senin (7/7/2014), teknologi yang dimilikinya sama fungsinya yaitu mobil bisa berjalan sendiri untuk mengurangi tingkat kecelakaan, kemacetan, dan kelelahan yang dialami oleh para pengendara mobil.

Dengan menyematkan sejumlah alat yang disebut 'Cruise RP-1', mobil bisa berjalan sendiri. Cruise RP-1 dilengkapi dengan sensor, kamera dengan aktuator mekanik yang akan mengoperasikan pedal gas, rem dan kemudi, serta komputer untuk mengkoordinasikan segala sesuatu.

Dalam demonstrasi, Cruise RP-1 itu bisa menjaga mobil Audi agar tetap di jalur dan mengerem otomatis saat ada benda di depan mobil. Cruise RP-1 diklaim oleh perusahaan sebagai alat canggih pertama serupa mobil autopilot.

Kyle Vogt, penemu Cruise RP-1 menjelaskan adanya alat itu berangkat dari mahalnya mobil autopilot dengan banyak sensor yang dikembangkan oleh perusahaan mobil. Dengan mengucurkan dana US$ 10.000, pemilik mobil sudah bisa memiliki mobil autopolit.

Cruise RP-1 akan dilempar ke pasar tahun depan. Perusahaan akan produksi sebanyak 50 unit. Sayang alat itu baru bisa digunakan pada Audi A4 atau S4. Belum bisa digunakan pada setiap kendaraan pribadi yang sudah menggunakan sistem ECU.