Wednesday, June 10, 2015

Ditolak Bos GM, CEO Fiat-Chrysler Minta Investor Rayu GM Bersedia Merger

Ditolak Bos GM, CEO Fiat-Chrysler Minta Investor Rayu GM Bersedia MergerDetroit -  Setelah pinangannya melalui surat elektronik untuk melakukan merger antara Fiat Chrysler Automobile (FCA) dengan General Motors (GM) yang ditujukan langsung ke bos GM, Marry Barra ditolak, bos FCA, Sergio Marchionne, tak ciut nyali. Startegi baru pun dijalankan, yakni dengan meminta investor pemegang saham GM ikut merayu bos GM agar bersedia menerima pinangan merger tersebut.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu (10/6/2015) beberapa sumber baik di FCA maupun GM, Marchionne menginginkan ada merger antara pabrikan otomotif agar bisa bekerjasama sehingga saling menguntungkan. Soalnya, jika mereka harus berjalan sendiri-sendiri, maka pemborosan akan terjadi karena pemborosan investasi, pembangunan infrastruktur yang mahal dan ketidakefisienan lain.

Marchionne yang sebelumnya diketahui sukses sebagai aktor perancang dan mewujudkan merger antara Fiat dan Chrysler memang tengah berusaha keras untuk mewujudkan ide merger tersebut. Maklum, pada 2019 nanti dia sudah harus lengser dari posisi bos FCA.

Untuk mewujudkan idenya itu, dia beberapa kali mengontak bos GM, Marry Barra. Namun, perempuan cantik itu menolaknya dengan halus.

Tapi Marchionne tak kehilangan akal. Dia kembali mengontak langsung Barra dan mengajaknya bertemu secara langsung guna membicarakan rencana tersebut. Tapi, lagi-lagi, Barra tak menggubrisnya.

Bahkan, dikabarkan, pada Maret lalu, bos GM itu telah mencapai kesepakatan dengan para investor pemegang saham untuk melakukan pembelian kembali sahamnya. Nilai saham yang bakal dibeli kembali GM dari tangan investor itu mencapai US$ 5 miliar atau sekitar Rp 199,5 triliun.


(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment