Wednesday, July 1, 2015

Robot di Pabrik VW Menewaskan Pekerja

Robot di Pabrik VW Menewaskan PekerjaWolfsburg - Sebuah insiden terjadi pabrik milik raksasa mobil Volkswagen di Jerman. Robot perakitan mobil menewaskan seorang pekerja. Robot tersebut mencengkeram si pekerja dan menewaskannya.

Seperti dilansir Time, Kamis (2/7/2015), insiden itu terjadi pada hari Rabu waktu setempat. Pekerja yang tidak disebutkan namanya itu masih berumur 22 tahun. Dia sedang membantu menyiapkan suku cadang mobil saat tiba-tiba lengan si robot mencengkeram badannya dan kemudian menjepit tubuh si pekerja pada sebuah pelat logam.

Pekerja itu kemudian tewas karena cedera yang dideritanya. Volkswagen tidak menyebutkan nama si pekerja.

Namun jubir VW kepada Associated Press menuturkan, robot itu sebenarnya sudah terprogram untuk melakukan pekerjaan yang spesifik, dan VW meyakini insiden ini terjadi karena human error.

VW selama ini menggunakan robot berbobot ringan di jalur produksi dekat dengan para pekerja, namun jubir VW kepada Financial Times menyebutkan bukan robot ini yang menewaskan pekerja.

Robot yang dimaksud adalah robot yang biasa ditempatkan di sebuah tempat di pabrik dalam kondisi yang terkungkung dalam kerangkeng. Nah si pekerja itu sedang bekerja dengan robot di dalam kerangkeng tersebut, saat tiba-tiba si robot mencengkeramnya.

Penyelidik di Jerman belum memutuskan apakah mereka akan mulai menuntut atau tidak.



(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment