Thursday, October 29, 2015

Dampak Skandal Emisi, VW Rugi Rp 25 Triliun

Dampak Skandal Emisi, VW Rugi Rp 25 TriliunWolfsburg - Volkswagen tampaknya bakal menutup akhir tahun ini dengan kesedihan. Pabrikan mobil asal Jerman itu merugi pada triwulan ketiga tahun ini sebesar Rp 25 triliun akibat skandal emisi gas buang yang menghebohkan industri otomotif beberapa waktu lalu.

Dunia pada September lalu dihebohkan dengan kabar Volkswagen yang melakukan kecurangan emisi gas buang. VW menggunakan software khusus untuk mengelabui jumlah gas yang dikeluarkan. Namun hal tersebut akhirnya 'tercium' juga oleh Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat.

VW pun bertubi-tubi mendapat 'cobaan' akibat skandal tersebut. Sebanyak 11 juta unit VW yang terindikasi menggunakan software ditarik dari pasar di seluruh dunia. Kasus tersebut juga sempat mencoreng nama besar Jerman sebagai industri otomotif dunia.

Seperti dilansir Time, Jumat (30/10/2015), CEO Matthias Muller yang menggantikan Martin Winterkorn berjanji bakal mengembalikan kejayaan serta kepercayaan para pengguna di tengah kondisi yang tengah terpuruk saat ini.

"Dampak awal dari situasi saat ini menjadi jelas. Kami akan melakukan apapun sekuat tenaga untuk mengembalikan kepercayaan yang telah hilang," ujar Muller.

Kerugian yang dialami oleh VW pada trimester ketiga tahun ini berbanding terbalik dengan keadaan tahun lalu. VW membukukan keuntungan sebesar Rp 40 triliun pada periode yang sama di 2014.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment