Thursday, October 29, 2015

Selera Konsumen Tinggi, Begini Cara Desainer Daihatsu Menyiasati

Selera Konsumen Tinggi, Begini Cara Desainer Daihatsu MenyiasatiYokohama - Para desainer Daihatsu baik di Daihatsu Motor Company (DMC) maupun di Indonesia, menilai selera konsumen Indonesia terhadap gaya desain eksterior maupun interior mobil sangat tinggi. Walhasil, mereka pun sangat mencermatinya sebelum mendesain mobil, terlebih persaingan diantara produsen yang beroperasi di negara ini semakin ketat.

“Saya kira passion konsumen di Indonesia terhadap gaya desain mobil juga cukup tinggi. Mereka juga mengikuti perkembangan gaya desain mobil yang mutakhir. Jadi itu menjadi tantangan tersendiri bagi kami,” tutur Executive Design DMC, Jun Nagata, di seala acara makan malam dengan wartawan Indonesia di Yokohama, Kamis (29/10/2015) malam.

Menyikapi kondisi ini, Daihatsu biasanya mengintensifkan bagian riset dan pengembangan yang dimilikinya untuk mempelajari tren selera masyarakat sekaligus tren yang tengah terjadi di pasar. Hasil riset tersebut menjadi masukan bagi pabrikan.

Sementara, pada satu sisi, Daihatsu menggelar kompetisi atau lomba desain diantara para desainernya. “Para desainer itu diberi kebebasan untuk mengekspresikan ide-ide mereka. Dan mereka tentunya juga mempelajari tren yang tengah terjadi, serta mengkobinasikan dengan ide orisinilnya. Dari situlah dipadukan dengan filosofi Daihatsu,” papar pria 64 tahun itu.

Selain unsur gaya desain yang mencuatkan unsur kekinian, gaya desain mobil Daihatsu juga sangat mempertimbangkan unsur keamanan, kenyamanan, serta kondisi alam Indonesia. “Sehingga, antara karakter mobil dengan keinginan maupun kondisi lingkungan bertemu. Tetapi kami juga tidak melupakan tren yang terjadi secara umum,” paparnya.

Sementara, agar para desainer di Indonesia juga memahami filosofi dan tren gaya yang tengah terjadi di internal Daihatsu maupun global, biasanya DMC mengundang merek ke Daihatsu Jepang. Melalui cara ini mereka juga bisa bertukar pikiran dengan desainer Daihatsu lainnya maupun menggali ide-ide cemerlang.

“Desainer Daihatsu di Jepang pun juga bisa mendapatkan masukan tentang keunikan, kekhasan, atau bahkan kemauan konsumen di Indonesia,” imbuh pria yang telah 42 tahun berkarya di Daihatsu itu.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment